Jumat 28 Jul 2023 23:28 WIB

Puasa Asyura Hari Jumat, Haruskah Puasa di Hari Sabtu? Ini Penjelasan Muhammadiyah

Janganlah salah seorang di antara kalian berpuasa pada hari Jumat kecuali jika ia berpuasa pula pada hari sebelum atau sesudahnya

Rep: Kurusetra/ Red: Partner
.
Foto: network /Kurusetra
.

Puasa Asyura. Puasa Asyura atau 10 Muharram tahun 2023 bertepatan pada hari Jumat. 
Puasa Asyura. Puasa Asyura atau 10 Muharram tahun 2023 bertepatan pada hari Jumat.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Puasa Asyura merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada 10 Muharram. Namun, kontroversi muncul ketika pada 1445 Hijriah, tanggal 10 Muharram bertepatan dengan hari Jumat, yakni pada 28 Juli 2023, berdasarkan perhitungan Hisab Hakiki Wujudul Hilal.

Hadis Rasulullah Shalallahu Alahi Wassalam mengenai larangan berpuasa pada hari Jumat menjadi perbincangan dan memunculkan pertanyaan apakah umat Islam boleh tetap melaksanakan Puasa Asyura. Hadist ini berbunyi, Rasulullah Saw bersabda: “Janganlah salah seorang di antara kalian berpuasa pada hari Jum’at kecuali jika ia berpuasa pula pada hari sebelum atau sesudahnya.” (HR. Bukhari no. 1849 dan Muslim no. 1929).

BACA JUGA: Download GB WA (GB WhatsApp) Versi 2023, Gratis Link, Anti-banned, Dapatkan Puluhan Fitur Premium

.

Dalil Puasa Muharram.
Dalil Puasa Muharram.

Dinukil dari situs resmi Muhammadiyah, pembacaan hadis di atas mesti menggunakan metode istiqra ma’nawi. Metode istiqra’ ini dikembangkan oleh ulama Maliki yaitu Imam al-Syatibi dalam kitab Al-Muwafaqat fi Ushul al-Syari’ah. Secara singkat metode ini berarti memanfaatkan kolektivitas dalil secara menyeluruh, dan bukan sekedar ‘mengutip’ satu dalil tertentu. Karenanya, dalam hadis lain disebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda:

“Janganlah khususkan malam Jum’at dengan shalat malam tertentu yang tidak dilakukan pada malam-malam lainnya. Janganlah pula khususkan hari Jum’at dengan puasa tertentu yang tidak dilakukan pada hari-hari lainnya kecuali jika ada puasa yang dilakukan karena sebab ketika itu.” (HR. Muslim no. 1144).

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kiai Suruh Puasa Asyura Dapat Pahala Satu Tahun, Malah Puasa Setengah Hari

Berdasarkan metode istiqra ma’nawi, apa yang dilarang oleh Nabi Saw ialah mengkhususkan hari Jumat untuk berpuasa tanpa alasan yang jelas. Karena itu, jika Puasa Asyura secara kebetulan bertepatan dengan hari Jumat, maka umat Islam tetap bisa menunaikan ibadah puasa sunah ini.

Sebelum puasa Asyura, Nabi menganjurkan agar umat Islam menunaikan puasa Tasua pada 9 Muharram atau Kamis, 27 Juli 2023. Hal ini berdasarkan hadis: Abdullah bin Abbas Ra berkata saat Rasulullah Saw berpuasa pada hari Asyura dan juga memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa.

BACA JUGA: Download GB WhatsApp (GB WA Pro) Original, Mudah Instal di HP, Gratis Link dan Puluhan Fitur Keren

Para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, itu adalah hari yang sangat diagungkan oleh kaum Yahudi dan Nasrani.” Maka Rasulullah Saw bersabda: “Pada tahun depan insya Allah, kita akan berpuasa pada hari ke sembilan (Muharram).” Tahun depan itu pun tak kunjung tiba, hingga Rasulullah Saw wafat (HR. Muslim).

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Download Lagu (MP3) dari YouTube dengan MP3 Juice, Gratis, Gampang, dan Tanpa Aplikasi

> Link Download dan Instal GB WhatsApp Versi Terbaru Update April 2023, Anti-banned Kedaluwarsa

> Download Minecraft PE 1.19.11 Versi Terbaru: Mudah, Cepat, Gratis Update Fitur Baru

> Jangan Terlalu Sibuk Mengejar Dunia, Gunung-Gunung di Mekkah Arab Saudi Sudah Menghijau

> Download Video TikTok Pakai SssTikTok, Gratis, Aman, Mudah Anti-ribet

> MP3 Juice: Gratis Download Lagu/MP3 dari YouTube, Awas Ketagihan

> GB WhatsApp (GB WA) Versi Januari 2023 Anti-banned, Gratis Download di Sini

> Walau Cucu Pendiri NU, Gus Dur Sebenarnya Warga Muhammadiyah

> Y2Mate: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Aman, Mudah, Cepat tanpa Buang Waktu

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement