Sabtu 29 Jul 2023 13:38 WIB

TelkomGroup Optimistis Bisnis FMC Tumbuh Usai Indihome Resmi Pindah ke Telkomsel

Penggabungan Indihome jadi tonggak penting strategi five bold moves Telkom

Petugas PT Telkom memasang jaringan WiFi gratis di Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022). PT Telkom Indonesia (Persero) dalam upaya mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi mengenai kegiatan persiapan, pembangunan dan pemindahan IKN memasang modem WiFi gratis di lima titik lokasi di kawasan IKN Nusantara.
Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Petugas PT Telkom memasang jaringan WiFi gratis di Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022). PT Telkom Indonesia (Persero) dalam upaya mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi mengenai kegiatan persiapan, pembangunan dan pemindahan IKN memasang modem WiFi gratis di lima titik lokasi di kawasan IKN Nusantara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Per 1 Juli 2023 lalu, IndiHome resmi pindah ke Telkomsel, di mana sebelumnya Telkom dan Telkomsel telah menandatangani akta pemisahan (deed of spin-off). Hal ini merupakan tonggak penting bagi implementasi inisiatif FMC (Fixed mobile-convergence) TelkomGroup sebagai bagian dari strategi utama perusahaan Five Bold Moves dalam rangka menciptakan dampak berkelanjutan di masyarakat.

Hal itu seperti menghadirkan layanan broadband yang lebih luas, merata, dan andal, mendukung akselerasi inklusi digital dan ekonomi digital, meningkatkan level playing field industri telekomunikasi Indonesia, serta memperkuat bisnis perseroan di masa mendatang.

Selanjutnya pada 21 Juli 2023, Telkomsel melanjutkan langkah tersebut dengan meluncurkan produk baru dengan brand “Telkomsel One” yang menghadirkan pengalaman konektivitas broadband tanpa batas, baik di dalam maupun di luar rumah, untuk solusi internet pasti terkoneksi dan hiburan digital bagi seluruh pelanggan serta masyarakat. 

Telkomsel One menyediakan berbagai pilihan paket unggulan yang customer centric sesuai kebutuhan pelanggan, dengan harga mulai dari Rp120 ribu untuk satu bulan berlangganan, serta kecepatan internet rumah hingga 2 Gbps. Paket ini sudah dapat dinikmati oleh masyarakat di 501 kabupaten/kota wilayah di Indonesia.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, IndiHome akan bersinergi dengan Telkomsel untuk menghadirkan inovasi yang akan menyukseskan FMC ini dan memberikan hasil yang maksimal bagi perusahaan serta seluruh stakeholder. Ia optimis FMC akan memperkuat kinerja perseroan, sementara Telkom pun terus meningkatkan kapabilitas menjadi pemain besar B2B. 

"Ke depannya TelkomGroup akan melanjutkan rencana transformasi Five Bold Moves lainnya seperti InfraCo, Data Center Co, B2B Digital IT Service Co, dan DigiCo,” tutur Ririek.

Sebagai wujud keseriusan dalam menggarap segmen B2B, belum lama ini Telkom meluncurkan Indibiz tepatnya pada momen Digiland 2023 di Jakarta. Indibiz adalah ekosistem solusi digital dunia usaha Indonesia utk membawa UKM Go Global melalui 4 pilar yaitu Solusi platform dan layanan digital, Kolaborasi dengan startup dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan UKM, Kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan, serta Kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas UKM.

Ke depannya, Telkom juga akan melakukan percepatan transformasi segmen B2B hingga ke level Telkom Regional agar dapat melayani segmen ini secara menyeluruh, untuk mendukung sektor korporasi, UMKM, maupun instansi pemerintah dalam melakukan digitalisasi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement