Sabtu 29 Jul 2023 17:57 WIB

Program PANsar Murah Berupaya Stabilkan Harga Pangan

Program PANsar murah dilangsungkan di berbagai daerah.

Red: Erdy Nasrul
Ketua Umum PAN yang juga menteri perdagangan Zulkifli Hasan menginisiasi program PANsar Murah di berbagai daerah.
Foto: Alfian Choir/ Republika
Ketua Umum PAN yang juga menteri perdagangan Zulkifli Hasan menginisiasi program PANsar Murah di berbagai daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) berupaya memudahkan masyarakat menjangkau pangan. Hal itu dilakukan dengan menggelar program PANsar Murah di berbagai daerah. Program itu diinisiasi oleh Ketua Umum PAN yang sekaligus Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan.

 

Baca Juga

Tokoh Pemuda Pandeglang, M. Najmi Arafat mengatakan program tersebut efektif membantu masyarakat di berbagai daerah. Program PANsar Murah memantik hadirnya dukungan besar untuk PAN, khususnya dari kalangan anak muda di Banten. Mereka menilai PAN memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian masyarakat. 

"PAN sangat membantu masyarakat, salah satunya mengendalikan harga bahan pokok yang mana menjadi kebutuhan dasar," kata M. Najmi Arafat di Jakarta pada Sabtu (29/7/2023).

PAN memiliki program yang memberi dampak nyata terhadap ekonomi mikro. Program PANsar murah untuk memberikan stimulus stabilitas harga bahan pokok sebagai turunan kontribusi partai dalam menguatkan program stabilisasi bahan pokok yang dirancang Zulhas.

Adapun Zulhas telah merancang empat langkah strategis untuk melakukan stabilisasi bahan pokok melalui Kementerian Perdagangan. Pertama, melalui pemantauan pasar dan harga. Ini dilakukan secara real time melalui Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP)

Kedua, optimalisasi pemanfaatan Gerai Maritim. Ini diselenggarakan dengan memanfaatkan tol laut, jembatan udara, serta subsidi angkutan darat untuk menekan disparitas harga yang ada di wilayah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP). 

Ketiga, pengendalian harga juga dilakukan melalui kebijakan impor. Langkah ini diambil berdasarkan hitungan kebutuhan bahan pokok guna meredam harga yang bergejolak

Keempat, untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan dengan pemanfaatan sistem resi gudang (SRG). dapun SRG dimanfaatkan sebagai buffer stock bahan pokok di Tanah Air. Saat ini, terdapat 112 gudang SRG untuk menampung beras, gula, bawang merah, ayam, dan kedelai.

Empat gagasan strategis tersebut menguatkan ekonomi mikro. Dalam hal ini, stabilitas harga bahan pokok. "Itu pencapaian yang luar biasa (menurunkan harga bahan pokok). Alhamdulillah beliau (Zulkifli Hasan) berhasil menurunkan harga agar terjangkau oleh masyarakat," ucapnya.

Oleh sebab itu, melihat kerja nyata tersebut membuatnya memutuskan mendukung penuh PAN untuk Pemilu 2024 mendatang. Dukungan yang diberikan menurutnya bentuk kepedulian pemuda dalam berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap negara,” ungkapnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement