Ahad 30 Jul 2023 19:53 WIB

Muhaimin Tegaskan Masih Bersama Prabowo

Pertemuan Muhaimin dengan Puan Maharani sebelumnya memicu spekulasi terkait koalisi.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra bersalaman usai serah terima SK dukungan capres saat acara ulang tahun PBB di ICE BSD City, Tangerang, Ahad (30/6/2023).
Foto: Dok Tim Media Prabowo
Calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra bersalaman usai serah terima SK dukungan capres saat acara ulang tahun PBB di ICE BSD City, Tangerang, Ahad (30/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar langsung merespons kelakar calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto yang terkesan takut kehilangan dukungan PKB. Muhaimin menegaskan, partainya saat ini masih bersama Prabowo. 

"Saya tidak ke mana-mana. Saya masih sama Pak Prabowo," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, kepada wartawan usai menghadiri acara ulang tahun Partai Bulan Bintang (PBB) di ICE BSD City, Tangerang, Ahad (30/7/2023). 

Baca Juga

Ketika ditanya apakah PKB berniat meninggalkan koalisi partai pengusung Prabowo dan beralih ke koalisi calon presiden lain, Cak Imin tak menjawab. Dia hanya mengatakan bahwa PKB dan Gerindra saat ini masih dalam proses penentuan cawapres pendamping Prabowo. 

"Masih proses-proses. Tunggu waktu yang tepat (untuk menentukan cawapres)," kata Cak Imin. 

Dalam acara ulang tahun PBB, partai besutan Yusril Ihza Mahendra itu secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo sebagai calon presiden Pilpres 2024. Usai menerima dukungan tersebut, Prabowo mengaku nyaman bersama PBB. 

Namun, Prabowo mengaku juga nyaman dengan PKB, partai yang sudah lebih dulu berkoalisi dengan Gerindra meski belum mendeklarasikan dukungan resmi. Dia pun meminta PKB untuk tak meninggalkan barisan koalisi pengusungnya. 

"Saya di tengah PBB, saya merasa nyaman. Itu kalau saya di PBB. Kalau di tengah PKB, saya merasa nyaman juga. Gus, jangan ke mana-mana, Gus!" kata Prabowo kepada Muhaimin yang turut hadir dalam acara tersebut. Muhaimin dan ribuan kader PBB sontak tertawa mendengar sentilan Prabowo itu. 

Sebelumnya, Muhaimin bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani pada Kamis (27/7/2023). Puan menyebut, Muhaimin merupakan satu dari lima nama yang dipertimbangkan untuk menjadi cawapres pendamping Ganjar Pranowo. 

Adapun Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra mengaku yakin Prabowo akan menang dalam pertarungan Pilpres 2024. "Karena itu, saya mengajak partai-partai yang lain, mari kita bersama-sama bergabung mendukung Pak Prabowo. Khususnya bagi partai-partai yang sampai hari ini belum memutuskan siapa calon yang didukungnya," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement