Senin 31 Jul 2023 12:50 WIB

Rahasia dan Inspirasi di Balik Penciptaan Alam Semesta

Alquran sudah jelaskan garis edar tata surya sejak 14 abad lalu.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi teori penciptaan.
Foto: Space.com
Ilustrasi teori penciptaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada 14 abad yang lalu. Sebagai salah satu bukti bahwa Alquran adalah firman Allah yang Maha Pencipta, di dalam Alquran sudah diterangkan tentang bergeraknya matahari dan bulan dalam garis edarnya.

Sebagaimana diketahui, bergeraknya matahari, bulan, bumi dan planet lainnya di tata surya baru diketahui oleh sains modern. Akan tetapi, Alquran telah mengisyaratkan itu jauh sebelum manusia dan sains modern mengungkap kebenarannya.

Baca Juga

Di dalam buku Alquran dan Sains yang ditulis KH Ahmad Sarwat Lc menjelaskan, menurut ahli astronomi, matahari bergerak dengan kecepatan 720.000 kilometer per jam ke arah bintang Vega. Bergeraknya matahari itu dalam sebuah garis edar yang dinamakan Solar Apex. Artinya, matahari bergerak sejauh 17.280.000 kilometer dalam sehari waktu di bumi atau 24 jam.

Selain matahari, semua planet dan satelit dalam sistem gravitasi matahari juga berjalan dalam jarak ini. Semua bintang yang ada di alam semesta pun sama.