Selasa 01 Aug 2023 09:03 WIB

4 Nama Allah SWT Ini Buktikan Kesempurnaan dan Kekuasaan-Nya 

Allah SWT mempunyai nama yang sarat dengan kesempurnaan

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Kubah masjid berlafaskan Allah (ilustrasi). Allah SWT mempunyai nama yang sarat dengan kesempurnaan
Foto: ANTARA
Kubah masjid berlafaskan Allah (ilustrasi). Allah SWT mempunyai nama yang sarat dengan kesempurnaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah ﷻ memiliki sejumlah nama dan sifat-sifat yang Mulia, di antaranya Ar-Rahman, Ar-Rahim, As-Sami’  dan Al-Bashir. Apa makna dari sifat-sifat-Nya?

"Allah Subhanahu wa Ta’ala merupakan dzat yang berhak untuk terus menerus kita puji, dengan pujian yang sempurna. Namun bagaimanakah caranya mendorong dan menyadarkan kita untuk bisa senantiasa berlaku demikian? Jawabannya adalah dengan mengenal Allah Ta’ala dengan sebenar-benarnya. Cara mengenal Allah Ta’ala, antara lain, adalah dengan memahami asma’ul husna (nama-nama) dan sifat-sifat-Nya yang mulia," ucap Pengasuh pesantren Tunas Ilmu Purbalingga sekaligus dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyyah Imam Syafi'i Jember, Ustadz Abdullah Zaen Lc MA dalam pesan Telegram yang diterima Republika.co.id, Selasa (1/8/2023). 

Baca Juga

Ustadz Abdullah mengatakan, salah satu nama-Nya adalah adalah ar-Rahman. Artinya, Dzat Yang kasih sayang-Nya meliputi seluruh hamba-Nya tanpa terkecuali, di dunia maupun akhirat. 

Allah SWT melimpahkan kasih sayang-Nya di dunia untuk seluruh makhluk-Nya, kafir maupun mukmin tanpa terkecuali. Di antara bentuk kasih sayang tersebut, Dia memberikan kenikmatan terbesar yang menghidupkan hati dan tubuh mereka, yaitu dengan mengutus para rasul dan menurunkan kitab-kitab suci yang akan mengantarkan mereka kepada hidayah kebenaran. 

Bukan hanya itu, bahkan Allah SWT mencurahkan nikmat-nikmat lainnya, berupa turunnya hujan, tumbuhnya tetumbuhan dan pepohonan, kesehatan tubuh dan akal, serta nikmat-nikmat Allah SWT lainnya yang dirasakan baik oleh kaum mukminin maupun orang-orang kafir. 

Baca juga: Ketika Kabah Berlumuran Darah Manusia, Mayat di Sumur Zamzam, dan Haji Terhenti 10 Tahun

Adapun limpahan kasih sayang Allah SWT di akhirat untuk seluruh makhluk-Nya, keadilan Allah SWT dalam menghisab dan memberikan balasan bagi seluruh hamba-Nya tanpa terkecuali.  

"Tidak akan ada yang dizalimi oleh-Nya sedikitpun, walaupun ia adalah orang kafir. Masing-masing mendapatkan balasan sesuai dengan perbuatannya, tidak ditambah maupun dikurangi! Segala puji bagi Allah semata," kata Ustadz Abdullah.  

Allah SWT juga memiliki nama Ar-Rahim. Maknanya, Dzat Yang kasih sayang-Nya terkhusus bagi kaum mukminin di dunia maupun akhirat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement