Selasa 01 Aug 2023 16:33 WIB

Situasi Teranyar Kontrak Mbappe Buat PSG Semakin Tersudut

Opsi Mbappe untuk memperpanjang masa tugas di PSG sudah berakhir.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Striker Paris Saint-Germain (PSG) dan timnas Prancis, Kylian Mbappe, yang diincar Real Madrid.
Foto: EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON
Striker Paris Saint-Germain (PSG) dan timnas Prancis, Kylian Mbappe, yang diincar Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Pakar transfer Fabrizio Romano menjelaskan situasi teranyar kontrak Kylian Mbappe dengan Paris Saint-Germain (PSG). Opsi Mbappe untuk memperpanjang masa tugas di PSG sudah berakhir.

Ini terhitung sejak 31 Juli 2023. Artinya, Mbappe hanya tinggal menyelesaikan kewajibannya membela Les Parisiens sepanjang musim 2023/2024. Itu dengan catatan, jika ia tak dilepas dalam waktu dekat.

Baca Juga

"Batas waktu (opsi perpanjangan kontrak) sudah berakhir. Kontrak Mbappe akan selesai pada Juni 2024. Kemudian ia berstatus agen bebas," tulis Romano di akun Instagram-nya, Selasa (1/8/2023).

Jelas, PSG tak mau merugi. Pilihan semakin terbatas. Berdasarkan aturan, PSG hanya bisa menjual Mbappe sekarang atau kehilangan sang bintang secara gratis.

Menurut Romano, PSG melihat kapten tim nasional Prancis itu sudah setuju bergabung dengan Real Madrid. Tapi, pada 2024 jawara Ligue 1 Prancis menghindari hal ini.

PSG tetap berupaya menjual Mbappe. Les Parisiens mengharapkan adanya penawaran dari Madrid atau klub lain. Sebelumnya, tim Arab Saudi datang meminang.

Namun, penyerang Les Bleus itu tegas menolak. Ia masih ingin tampil di Eropa. Pemilik Parc des Princes kian tersudut.

Ada ketentuan yang mengharuskan PSG mengeluarkan uang lebih banyak lagi. Itu jika PSG gagal melepas Mbappe sekarang. Pihak klub harus memberi bonus untuk eks AS Monaco itu.

"Kylian secara resmi akan mendapat bonus kesetiaan sebesar 40 juta euro (Rp 663,8 miliar) sekarang karena berada pada tahun terakhir dalam kontraknya (di Les Parisiens)," kata Romano.

 

Manajemen Les Rouge-et-Bleu terus bergerilya. Sebetulnya andalan PSG diminati banyak pihak. Sayang, harga Mbappe terlampau tinggi.

Hanya segelintir yang bisa memenuhi tuntutan tersebut. Apalagi kontrak sang bintang di Parc des Princes tersisa setahun lagi. Dalam kondisi normal, harga pemain seperti itu, mengalami penurunan.

Namun, karena ini adalah Kylian Mbappe, nilai jualnya tetap tinggi. PSG membidik Ousmane Dembele sebagai calon pengganti Mbappe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement