Selasa 01 Aug 2023 18:11 WIB

Gerindra Klaim Mayoritas DPD Golkar Dukung Prabowo Capres

Gerindra juga mengklaim akan ada partai di luar parlemen deklarasikan dukung Prabowo.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
38 Ketua DPD Partai Golkar menolak isu musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) untuk mengganti Airlangga Hartarto dari kursi ketua umum Partai Golkar dalam forum silaturahmi di Nusa Dua, Bali, Ahad (30/7/2023).
Foto: Dok. Partai Golkar
38 Ketua DPD Partai Golkar menolak isu musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) untuk mengganti Airlangga Hartarto dari kursi ketua umum Partai Golkar dalam forum silaturahmi di Nusa Dua, Bali, Ahad (30/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, AKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, mengatakan bahwa kekuatan koalisi pengusung Prabowo Subianto akan bertambah. Klaimnya, mayoritas dari 38 DPD Partai Golkar mendukung Menteri Pertahanan (Menhan) itu sebagai bakal calon presiden (capres).

Namun, ia tak menyebut secara gamblang soal dukungan dari Partai Golkar. Habiburokhman hanya menyampaikan, dukungan hadir dari partai politik yang kemarin baru melakukan pertemuan di Bali.

Baca Juga

"Minta didoakan, ya, kemarin ada partai yang lagi melakukan pertemuan di Bali, ya, infonya sebagian besar, sebagian besar atau semua pengurus tingkat provinsinya menyampaikan dukungannya ke Pak Prabowo," ujar Habiburokhman di gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Di samping itu, ia menyebut adanya partai di luar parlemen yang akan mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo. Namun, ia masih enggan mengungkapkan dan meminta semua pihak menunggu pengumuman resminya.

"Sehingga kita berikhtiar dan berharap koalisi ini akan semakin besar dan semakin kita mudah untuk menjalankan agenda-agenda perjuangan, melanjutkan keberhasilannya Pak Jokowi ini," ujar Habiburokhman.

Di samping itu, ia juga mengatakan hasil survei yang menunjukkan elektabilitas Prabowo mengungguli Ganjar Pranowo bukanlah hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, hasil survei tersebut menggambarkan bahwa Menteri Pertahanan itu sudah unggul setengah babak dengan Ganjar.

"Jadi ini momentum ini harus terus dijaga ya, situasinya sudah baik. Kalau kayak sepak bola itu kan kita 45 menit udah menang, 2-0, 3-0 tinggal kita jaga. Jangan bikin blunder, jangan bikin masalah, sehingga bisa kebobolan balik," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR itu.

Sebelumnya, sebanyak 38 ketua DPD Partai Golkar se-Indonesia menggelar silaturahmi dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Nusa Dua, Bali, pada Ahad (30/7/2023). Usai forum tersebut, salah satu poin yang disampaikan adalah komitmen partai berlambang pohon beringin itu bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami menegaskan bahwa Partai Golkar ini adalah bagian dari koalisi pemerintahan Pak Jokowi. Oleh karena itu, kami selalu mendorong penuh agar Pak Airlangga tetap dari awal sampai akhir bersama-sama dan satu bersama Pak Jokowi, juga termasuk menghadapi agenda pilpres," ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung lewat keterangan videonya, Senin (31/7/2023).

"Kami ini semua pakai seragam sama, ini seragam baru kami pakai loreng-loreng. Ini menunjukkan bahwa kami siap tempur di lapangan," sambungnya.

 

photo
Ke mana Jokowi berlabuh? - (Republika/berbagai sumber)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement