SENANDIKA.REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelestarian warisan budaya dan keindahan destinasi wisata di Indonesia perlu dilakukan bersama oleh semua pihak, termasuk kalangan pemuda. Dengan misi itu, jenama cokelat SilverQueen meluncurkan kampanye bertajuk #IniIndonesiaku.
Gerakan itu menggandeng berkolaborasi dengan Kemenparekraf/Baparekraf melalui co-branding dengan Wonderful Indonesia. Sejak awal Juli 2023, SilverQueen memperkenalkan lima kemasan spesial baru bertemakan #IniIndonesiaku.
Lima kemasan spesial itu merupakan hasil desain pemenang dari talenta muda berbakat Indonesia yang terpilih melalui kompetisi desain #SeruMaksimalIniIndonesiaku yang diselenggarakan pada November 2022. Kampanye digital kemasan khusus SilverQueen #IniIndonesiaku terus berlangsung hingga 31 Agustus 2023.
Brand manager SilverQueen, Mikhaela Bunawan, menyampaikan bahwa hadirnya kemasan SilverQueen #IniIndonesiaku yang diawali dengan kompetisi desain ditujukan untuk menjadi wadah bagi generasi muda. Mereka dapat berekspresi secara kreatif dan bersama-sama menjadi bagian dari kampanye pelestarian warisan budaya dan keindahan destinasi wisata di Indonesia.
"Bersama kita bisa mengambil bagian dalam perjalanan luar biasa ini, memperkuat kecintaan kita pada tanah air, serta mewujudkan impian kita untuk Indonesia yang lebih indah dan berbudaya," kata Mikhaela lewat pernyataan resminya.
Penentuan pemenang kompetisi didasarkan pada keunikan desain serta keterwakilan keindahan dan keberagaman Indonesia. Kompetisi ini dinilai secara objektif oleh WD Willy, ilustrator Indonesia yang sudah berkarya secara profesional sejak 2015.
Lima desain terpilih masing-masing menggambarkan keunikan dan cerita yang menginspirasi. Desain "Satu Langit, Satu Bumi Pertiwi" menggambarkan berbagai landmark dan ikon dari setiap kota di Indonesia, seperti Monas, Candi Prambanan, Rumah Gadang, dan Rumah Tongkonan.
Desain kedua, "Childhood Memories", menggambarkan kenangan permainan tradisional masa kecil, dengan dakon sebagai representasi yang mengingatkan akan masa kecil yang penuh keceriaan. Desain ketiga, "Keseruan Pesta Rakyat", menggambarkan kegembiraan dari pesta rakyat yang dilestarikan di berbagai daerah di Indonesia.
Pada desain keempat, "Alunan Musik Indonesia", menggambarkan ikatan melalui alunan musik khas setiap daerah. Sementara, desain kelima bertajuk "Manisnya Keberagaman dalam Persatuan" menggambarkan semangat persatuan dalam keberagaman budaya Indonesia, khususnya melalui baju adat.
Untuk menghadirkan pengalaman yang berbeda, dalam kampanye ini SilverQueen juga memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) yang dapat diakses melalui situs www.serumaksimal.com. Dengan teknologi ini, konsumen dapat melihat dan merasakan pengalaman unik dengan memindai kemasan khusus SilverQueen #IniIndonesiaku.
Konsumen juga dapat mengumpulkan poin melalui aktivitas leaderboard, poin terbanyak akan mendapatkan berbagai hadiah menarik, termasuk hadiah utama berupa perjalanan liburan ke destinasi super prioritas dari Kemenparekraf/Baparekraf, yaitu Labuan Bajo & Likupang.
Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Titus Haridjati, mendukung kampanye #IniIndonesiaku yang digagas SilverQueen dalam mempromosikan keindahan Indonesia. Itu dinilai sejalan dengan visi dan misi Kemenparekraf/Baparekraf.
Kolaborasi tersebut diyakini dapat meningkatkan rasa bangga terhadap budaya Indonesia, juga memperkenalkan dan mempromosikan keberagaman budaya Indonesia. "Kami berharap kampanye ini dapat menginspirasi anak muda untuk mencintai dan mengapresiasi budaya Indonesia," ungkap Titus.