Rabu 02 Aug 2023 12:10 WIB

Bacaan Alquran yang Buat Sahabat Tergugah untuk Masuk Islam

Alquran merupakan kitab suci kebanggaan umat Islam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
OKI berencana menggelar pertemuan darurat untuk membahas aksi penistaan Alquran yang terus berulang di Eropa.
Foto: AP
OKI berencana menggelar pertemuan darurat untuk membahas aksi penistaan Alquran yang terus berulang di Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beragam hidayah telah disampaikan Allah ﷻ kepada orang yang dikehendaki-Nya. Salah satunya melalui bacaan Alquran yang menggugah jiwa seseorang. 

Jabir bin Muth'im salah seorang pembesar kota Makkah telah berjanji tidak akan mendengarkan bacaan Alquran. Tapi, pada saat Allah Subhanahu wa Ta'ala menginginkan ia terbebas dari neraka, Allah pun menunjukkan jalan kepadanya. 

Baca Juga

Suatu ketika dia mendengarkan bacaan Alquran dari Rasulullah ﷺ  dengan suara yang melengking di saat beliau sedang melaksanakan sholat Maghrib.  

وَالطُّوۡرِۙ, وَكِتٰبٍ مَّسۡطُوۡرٍۙ, فِىۡ رَقٍّ مَّنۡشُوۡرٍۙ, وَالۡبَيۡتِ الۡمَعۡمُوۡرِۙ, وَالسَّقۡفِ الۡمَرۡفُوۡعِۙ‏ 

"Demi bukit. Dan kitab yang ditulis, pada lembaran yang terbuka. Dan demi Baitul Ma'mur. Dan atap yang ditinggikan (langit) ..." (QS Ath Thur ayat satu sampai akhir ayat).

Jabir berkata, "Hatiku bergetar hebat hingga seakan-akan aku terbang ke angkasa". Seketika itu, Jabir menyatakan dirinya masuk ke dalam agama Islam.  

Al-Walid bin Mughirah salah satu sastrawan Quraisy berkata pada saat mendengar bacaan Alquran, "Demi Allah, sungguh bagian teratas dari Alquran adalah bak kucuran air deras, sesungguhnya bagian bawahnya bak daun yang rindang, dan sesungguhnya Alquran tersimpan rasa manis dan keindahan."

Rangkaian kalimat inilah yang menunjukkan kemukjizatan Alquran. Mahasuci Engkau ya Allah yang telah menurunkannya. Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala: 

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ 

"Kitab (Alquran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa," (QS al-Baqarah ayat dua).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement