REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengiriman barang merupakan bagian integral dari pengalaman belanja online yang semakin populer di Indonesia.
Populix merilis riset bertajuk "Indonesia Outlook on the Logistic Delivery Services". "Hal ini dapat dijadikan acuan bagi perusahaan logistik dan penyedia layanan pengiriman untuk memaksimalkan operasional mereka guna memenuhi kebutuhan pengiriman," ungkap Co-Founder dan CEO Populix, Timothy Astandu, melalui siaran pers, Selasa (2/8/2023).
Menurut preferensi responden dalam mengirimkan belanja barang online, tiga teratas layanan pengiriman pilihan gen Z yakni J&T Express (58 persen), Shopee Express (32 persen), dan JNE (27 persen). Pada generasi Milenial pun menunjukkan jika J&T Express (55 persen) merupakan layanan pengiriman yang paling sering digunakan untuk belanja online, kemudian JNE (34 persen), dan Shopee Express (18 persen).
Alasan utama mayoritas responden memilih brand pengiriman untuk pengiriman pribadi adalah kecepatan pengiriman. Berbeda untuk pengiriman belanja online, mayoritas responden memiliki dua alasan utama memilih brand, yakni keuntungan gratis ongkos kirim dan kecepatan pengiriman.
Selain itu, mayoritas responden menggunakan asuransi pengiriman (66 persen) dan dengan alasan menjaga barang dari kehilangan atau kerusakan (87 persen). Kemudian juga untuk memastikan tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan (59 persen), karena membeli barang-barang berharga (48 persen), serta memastikan barang yang dikirimkan aman (35 persen).
Jika dilihat dari kepuasan pelanggan dari brand pengiriman, untuk pengiriman pribadi, rata-rata responden menyebutkan puas terhadap layanan yang diberikan dengan tingkat kepuasan tertinggi dari Gojek dan Shipper. Untuk pengiriman belanja online rata-rata responden juga puas terhadap layanan yang telah diberikan oleh brand.