Kamis 03 Aug 2023 18:00 WIB

Kisah Dua Putri Nabi Muhammad yang Miliki Banyak Kesamaan 

Dua putri Nabi Muhammad ini seperti saudari kembar.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Kisah Dua Putri Nabi Muhammad yang Miliki Banyak Kesamaan. Foto:   Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: Republika
Kisah Dua Putri Nabi Muhammad yang Miliki Banyak Kesamaan. Foto: Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ruqayya, putri Nabi Muhammad (ﷺ), lahir setelah saudara perempuannya, Zaynab. Dia adalah sumber kebahagiaan bagi orang tuanya yang mulia. Segera setelah itu, Umm Kalthum lahir dan keduanya tumbuh bersama seperti saudara kembar. 

Dilansir dari laman About Islam pada Rabu (2/8/2023) Kedekatan Ruqayyah dan Umm Kalthum sangat meningkat, terutama sejak kakak perempuan mereka, Zainab, menikah dan pindah ke rumah lain. Mereka kemudian menjadi lebih dekat dan lebih terikat satu sama lain. Seolah-olah keduanya telah ditakdirkan untuk nasib yang sama dari awal hingga akhir.

Baca Juga

Buku-buku Sirah bersaksi tentang kedekatan unik yang ada di antara mereka. Hal ini karena semua riwayat sejarah menyetujui fakta bahwa kedua putri Nabi Muhammad Ruqayya dan Umm Kalthum berbagi hampir semua kesamaan.

Sebelum memasuki Islam, dia dan saudara perempuannya Umm Kalthum menikah dengan putra Abu Lahab, Utaybah dan Utbah. Sementara Abu Lahab dan istrinya, Um Jamil, adalah musuh bebuyutan Islam. Orang-orang Quraisy meminta Abu Lahab untuk memulangkan putri-putri Nabi.

Meskipun pernikahan belum selesai, kedua wanita muda itu kembali ke rumah ayah mereka dengan begitu susah dan sedih. Kedua wanita muda itu merasakan perubahan mendasar di rumahnya, sekarang mereka dikelilingi oleh kekejaman dari semua sudut.

Kedua wanita ini menanggung situasi dengan orang tua mereka, kendati demikian keduanya melakukannya sebagai tindakan ibadah kepada Allah. Mereka menanggungnya dengan ketekunan di jalan Allah, dan mereka dimurnikan oleh kesengsaraan ini.

Kemudian Allah menggantikan kedua gadis itu dengan suami yang saleh. Nabi menikahkan Ruqayya dengan Utsman bin Affan, salah satu dari 10 sahabat yang dijanjikan surga. Utsman adalah salah satu pemuda Quraisy yang paling baik hati dalam hal keturunan, dan kekayaan. Ketika penganiayaan kaum Quraisy terhadap kaum Muslim meningkat, Nabi Muhammad mengizinkan para sahabatnya untuk bermigrasi ke Abyssinia.

Utsman hijrah ditemani istrinya Ruqayya. Meskipun para imigran memiliki kedamaian dan keamanan di Abyssinia, mereka merindukan tanah air mereka Makkah.

Ketika mereka mendengar bahwa Hamzah dan Umar telah memeluk Islam, beberapa dari mereka terburu-buru kembali ke Makkah. Akan tetapi, mereka tercengang dengan meningkatnya penganiayaan kaum Quraisy yang tidak berperasaan terhadap umat Islam.

Sementara itu, yang paling menyedihkan dari para pengungsi ini adalah Ruqayya karena ibunya telah meninggal dunia tanpa kehadirannya. Utsman dan Ruqayya tidak tinggal lama di Makkah. Dua tahun sebelum hijrah ke Madinah, Ruqayya melahirkan anak tunggalnya Abdullah.

Anak laki-laki itu dulu merasakan kehidupan orang tuanya dengan kebahagiaan dan kegembiraan, tetapi orang beriman selalu dalam ujian. Suatu hari, ketika Abdullah sedang tidur, seekor ayam jantan mematuk matanya, hal ini menyebabkan infeksi yang merenggut nyawanya setelah beberapa hari.

Ruqayya dilanda musibah dan dia menjadi demam. Perjuangan antara hidup dan mati begitu sengit. Pada akhirnya, Ruqayya mengembuskan napas terakhirnya.

Pada saat yang sama Utsman berduka, mencium kening dan ujung jari istrinya dan menutupi wajahnya. Nabi melakukan sholat jenazah putrinya dan mengikuti jenazahnya ke Baqi sampai dia dimakamkan.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement