ADA, anak perusahaan digital dari Axiata Group, bermitra dengan Meta untuk meluncurkan hackathon Business Messaging. Kolaborasi ini untuk mendorong pertumbuhan eksponensial penggunaan WhatsApp sebagai sarana bagi bisnis dan perorangan untuk berkomunikasi di seluruh wilayah Asia Pasifik.
ADA dan Meta akan meluncurkan Business Messaging Hackathon yang berfokus pada pengembang, ADA Business Messaging Hackathon 2023: Membangun Masa Depan Percakapan mulai 17 Juli 2023. Ajang ini mengusung misi memungkinkan satu juta perusahaan besar, menengah, dan kecil di seluruh Asia Pasifik, dengan lebih dari 10 ribu talenta tim digital untuk membangun solusi chatbot inovatif di Platform WhatsApp Business.
Kegiatan hackathon yang diselenggarakan ini akan mengundang peserta untuk menggunakan Platform Bisnis Messaging dan API ADA untuk membangun solusi chatbot inovatif guna memecahkan tantangan bisnis dunia nyata. Pemenang akan memiliki kesempatan untuk membawa pulang hadiah senilai lebih dari 25 ribu dolar Amerika Serikat (AS).
Srinivas Gattamneni, CEO ADA menyampaikan pentingnya untuk menjaga Customer Experience (CX) sebagai salah satu pondasi kuat dalam berbisnis. Menurutnya, dengan Customer Experience yang mulus dan hubungan pelanggan yang lebih kuat terus menjadi fokus bisnis, ADA berupaya berkontribusi pada pertumbuhan ekosistem ini. "Hackathon ini akan berlabuh di WhatsApp Business Platform untuk klien dan bisnis kami di seluruh Asia Pasifik," ujarnya.
Senada, Paul Kim, VP Telco Ecosystem Partnerships Asia Pasifik di Meta menambahkan dengan meningkatnya jumlah pelanggan yang berkomunikasi dengan akun bisnis atau layanan di WhatsApp di Asia Pasifik. Bisnis messaging, disebut Kim, telah menjadi salah satu pilar pertumbuhan inti Meta. "Kami dengan senang hati memperkuat kemitraan dengan ADA, yang juga akan mencakup integrasi solusi CPaaS (Platform Komunikasi sebagai Layanan) Platform Perpesanan Bisnis, dan API ADA dengan Platform Bisnis WhatsApp. Ini akan memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi secara lancar dengan pelanggan mereka dan menawarkan pengalaman yang lebih personal," ujarnya.
Platform Bisnis Messaging ADA, disebut Kim, akan memungkinkan bisnis untuk mendorong percakapan yang lebih baik dengan pelanggan dengan cara yang dipersonalisasi. Termasuk juga, meningkatkan keterlibatan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan, yang menghasilkan konversi penjualan yang lebih baik.