Jumat 04 Aug 2023 19:48 WIB

Kabar PDIP Tutup Pintu Buat PSI Dukung Ganjar, Ini Klarifikasi Puan

Puan Maharani menyambut positif kunjungan Prabowo Subianto ke PSI

Red: Teguh Firmansyah
Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menilai positif kunjungan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menyambangi DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Jakarta, Rabu (2/8). Sebab, dia menilai silaturahmi merupakan hal yang baik sehingga sudah sepatutnya dilakukan oleh siapapun.

"Memang harus selalu dilakukan oleh siapa saja, bukan hanya oleh Pak Prabowo tetapi siapa saja,"  kata Puan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Menyoal kunjungan Prabowo ke DPP PSI tersebut, Puan pun menampik bahwa PDI Perjuangan dinilai tidak menyambut baik dukungan PSI terhadap bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.

"Apa yang disampaikan tadi bahwa sepertinya PDI Perjuangan tidak membuka pintu, kemudian PDI Perjuangan tidak mau melakukan komunikasi, kan bisa dilihat bahwa saya selalu membuka pintu," tuturnya.

Sebaliknya, Puan menegaskan bahwa PDIP selalu membuka diri untuk berkomunikasi dengan partai politik lain dalam penjajakan kerja sama Pilpres 2024. "PDI intinya adalah selalu membuka pintu, siap melakukan komunikasi, silaturahmi," ucapnya.

Menurut dia, partainya juga tidak bisa serta-merta menyambangi partai politik lain apabila belum ada itikad maupun belum mencapai kesepahaman satu sama lain.

"Kalau partainya itu kemudian mengundang dan mengharapkan kami untuk hadir. Nah, saya kan tidak bisa juga ujug-ujug datang, tapi kemudian tidak ada prolog yang disampaikan bahwa menginginkan pertemuan atau menginginkan kehadiran. Pertemuan itu hanya akan bisa terjadi kalau kedua belah pihak sama-sama menginginkan adanya pertemuan," katanya.

Sebelumnya, PSI menerima kunjungan bakal calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu (2/8). Usai pertemuan tertutup, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menyebut ada kesamaan antara partainya dan Prabowo.

"Jadi perbincangannya hangat, serius tapi santai, saling berbagi visi, dan ada kesamaan yang saya temukan dari PSI dan Pak Prabowo," kata Grace usai menerima kunjungan Prabowo dan rombongan Partai Gerindra.

Adapun PSI pernah menyatakan siap mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilu 2024, bahkan sebagai garda terdepan. "PSI siap dukung di garda terdepan dalam pencapresan Ganjar Pranowo," kata Grace Natalie dalam keterangan diterima, di Jakarta, Kamis (20/10/2022).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement