Ahad 06 Aug 2023 16:47 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Acara Istana Berkebaya, Iriana Latunkan Pantun

Acara Istana Berkebaya ini salah satu rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (tengah).
Foto: ANTARA FOTO
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi menghadiri acara Istana Berkebaya yang diselenggarakan di depan Istana Merdeka, Ahad (6/8/2023) sore. Acara Istana Berkebaya ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Dalam sambutan pembukaannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa kebaya melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang lemah lembut, sopan, dan bersahaja. 

Baca Juga

"Ya kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan, dan bersahaja," kata Jokowi.

Sementara itu, Iriana Jokowi juga sempat melantunkan pantunnya sebelum Jokowi memberikan sambutannya. 

"Bunga menur bunga raflesia, mekar sekuntum merah merona. Citra luhur wanita Indonesia, pribadi anggun dengan kebaya," kata Iriana saat berpantun.

Jokowi dan Iriana pun kemudian bersama-sama membuka acara Istana Berkebaya yang diselenggarakan pada sore hari ini.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim Istana Berkebaya saya nyatakan dibuka," ucap Jokowi dan Iriana bersamaan. 

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, acara Istana Berkebaya merupakan rangkaian acara kegiatan untuk menyambut perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78. Dalam rangkaian Bulan Kemerdekaan ini, sebelumnya juga telah digelar acara Dzikir dan Doa Kebangsaan serta pagelaran angklung terbesar. 

"Hari ini kita lanjutkan dengan semangat yang sama merayakan keindahan dan keberagaman budaya bangsa Indonesia melalui peragaan busana kebaya," kata Heru.

Acara Istana Berkebaya ini diselenggarakan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Sekretariat Negara. Heru mengatakan, acara ini digelar untuk mengajak masyarakat agar mencintai dan melestarikan budaya Indonesia, serta merajut persatuan dan kesatuan sehingga Indonesia bisa menjadi negara yang kokoh dan maju. 

Penyelenggaraan Istana Berkebaya digelar dengan panggung catwalk sepanjang 200 meter dan dimeriahkan dengan kegiatan peragaan busana serta berbagai kegiatan seni lainnya. Selain itu, juga diramaikan oleh pameran UMKM yang bisa dinikmati oleh masyarakat secara gratis. 

"Fashion show sore hari ini sangat istimewa karena melibatkan wanita-wanita inspiratif dari berbagai kalangan masyarakat, mulai dari Ibu OASE, dan menteri wanita Kabinet Indonesia Maju, istri para duta besar, pejabat dan pegawai di lingkungan Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, serta para ibu-ibu," ujar Heru.

Dalam acara ini, Presiden Jokowi tampak memakai baju koko berwarna hitam dan Ibu Negara Iriana mengenakan kebaya berwarna merah. Tampak hadir juga menikmati acara ini yakni Wapres Maruf Amin dan istri Wury Estu Handayani.

Selain itu, juga hadir sederet Menteri Kabinet Indonesia Maju, mulai dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Menlu Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Mendag Zulkifli Hasan, Menpora Dito Ariotedjo, Mendikbud Nadiem Makarim, Menko Polhukam Mahfud Md. Kemudian Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menhan Prabowo Subianto, serta Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement