Ahad 06 Aug 2023 21:45 WIB

Cina Rilis Film Dokumenter tentang Persiapan Serang Taiwan

Tentara Cina siap mengorbankan nyawa.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Muhammad Hafil
Tentara Cina (ilustrasi).
Foto: AP
Tentara Cina (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING – Cina telah merilis film serial dokumenter baru yang memperlihatkan persiapan militer mereka menyerang Taiwan. Dalam film berjudul “Chasing Dreams” itu turut ditunjukkan loyalitas para tentara Cina yang siap mengorbankan nyawa mereka jika diperlukan.

Film Chasing Dreams diluncurkan dalam delapan segmen. Ia mulai ditayangkan oleh China Central Television (CCTV) awal pekan ini untuk memperingati 96 tahun berdirinya Tentara Pembebasan Rakyat Cina. Dalam film tersebut, Cina menampilkan sejumlah latihan tempur, salah satunya yang bertajuk “Joint Sword”.

Baca Juga

Latihan Joint Sword mensimulasikan serangan presisi terhadap Taiwan. Latihan itu digelar pada April lalu, setelah kunjungan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen ke Amerika Serikat (AS). Selain latihan tempur dan simulasi serangan, dalam Chasing Dreams juga ditampilkan kesaksian puluhan tentara Cina yang siap gugur dalam potensi operasi ke Taiwan.

“Jika perang pecah dan kondisinya terlalu sulit untuk melepaskan ranjau angkatan laut dengan aman dalam pertempuran yang sebenarnya, kami akan menggunakan tubuh kami sendiri untuk membuka jalur aman bagi pasukan (pendaratan) kami,” ujar Zuo Feng, salah seorang anggota Angkatan Laut Cina yang kesaksiannya menjadi bagian dari film.