Senin 07 Aug 2023 16:45 WIB

Dengan Pendidikan Agama, Madrasah Cetak Generasi Bermoral Pengharum Nama Bangsa

Madrasah berperan strategis mencetak generasi muda berakhlak mulia.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi siswa madrasah belajar di kelas.
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Ilustrasi siswa madrasah belajar di kelas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI H Yandri Susanto mengatakan madrasah mempunyai peran penting dalam menjaga moral bangsa dan membentuk karakter serta akhlak mulia pada generasi muda.

Hal itu disampaikan Yandri dalam acara Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023 di Pondok Pesantren Al Qur'an Bai Mahdi Sholeh Ma'mun Serang, Banten, Sabtu (5/8).

Baca Juga

"Sebagai penjaga moral bangsa, madrasah berperan sebagai garda terdepan menolak penyebaran prilaku menyimpang LGBT dan penyalahgunaan narkoba dan miras," kata Yandri dalam keterangan tertulis pada Senin (7/8/2023).

Yandri juga berharap lulusan madrasah dipersiapkan sebaik mungkin agar siap terjun ke masyarakat. Selain dalam bidang keagamaan, lulusan madrasah juga diharapkan berkarya di bidang yang lain.

"Lulusan madrasah harus mampu memberikan manfaat bagi masyarakat. Selain mampu menjadi imam sholat, muadzin, mubaligh serta ulama, harus bisa juga berkarya di di bidang kemasyarakatan yang lain. Misalnya berkarya di bidang sains seperti kompetisi yang diadakan pada hari ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu Yandri juga memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Banten ini memiliki slogan mandiri berprestasi membangun kemuliaan generasi. Sekolah yang menjadi pemenang akan dikirim untuk mengikuti kompetisi sains tingkat nasional.

"Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan Kompetisi Sains bagi madrasah. Kegiatan seperti ini dapat menjadi sarana bagi para siswa untuk mengukur kemampuannya dan bersaing secara sehat di bidang sains," kata Yandri.

Kemudian salah satu metode peningkatan ketrampilan siswa dapat dilakukan dengan diselenggarakan kompetisi-kompetisi berbasis pengetahuan bagi siswa madrasah.

"Diharapkan dengan adanya kompetisi-kompetisi seperti ini, dapat meningkatkan daya saing dan semangat kompetisi bagi siswa madrasah," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement