Selasa 08 Aug 2023 05:25 WIB

Dominasi Aprilia Racing di MotoGP Inggris Dorong Kepercayaan Diri Tim

Para pembalap tim Aprilia masuk 10 besar dan Espargaro juara di GP Inggris.

Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol Aleix Espargaro dari tim Aprilia Racing, berselebrasi setelah memenangkan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Ahad (6/8/2023).
Foto: AP/Jose Breton
Pembalap MotoGP asal Spanyol Aleix Espargaro dari tim Aprilia Racing, berselebrasi setelah memenangkan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Ahad (6/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Dominasi yang ditunjukkan oleh tim Aprilia Racing pada MotoGP Inggris akhir pekan lalu, menjadi pendorong kepercayaan diri tim untuk menghadapi putaran-putaran berikutnya pada musim ini.

Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, berhasil menaklukkan Sirkuit Silverstone pada balapan utama, bahkan menyusul pemimpin klasemen sementara musim ini, Francesco Bagnaia, yang finis tepat di belakangnya pada balapan yang diguyur hujan tersebut.

Baca Juga

Dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Senin (7/8/2023), Espargaro mengatakan, dirinya berusaha untuk berlaga dengan agresif dari awal balapan dari posisi ke-12.

Lebih lanjut, Espargaro memilih strategi untuk membuktikan ia pantas menang. Ia mengejar dengan sangat dekat, tanpa mengambil risiko poin, ia menggunakan traksi yang lebih baik dari RS-GP yang ia kendarai dan mengambil alih posisi kemenangan di akhir balap.

“Hari ini, saya langsung menyadari bahwa saya telah dapat berlaga dengan baik. Aprilia memiliki traksi di sini dan saya tahu saya memiliki kesempatan lebih dari Bagnaia pada beberapa tikungan. Saya memilih untuk menunggu sampai putaran akhir, terutama setelah saya melihat beberapa tetes hujan,” kata Espargaro. “Terdapat beberapa spot licin dan dapat dengan mudah memicu kesalahan. Selain itu, saya menyadari Pecco sedang berupaya mengendalikan ban dan saya tidak ingin risiko kegagalan di akhir.”

Espargaro menambahkan, dirinya senang bisa membuktikan diri dan tim dengan tampil kuat serta percaya diri di musim yang kompetitif.

Selain kemenangan Espargaro, performa memukau juga ditampilkan secara total dari merek Italia ini. Pada Tim RNF RS-GP, Miguel Oliveira mengambil posisi finis keempat, lebih dahulu dari Maverick Vinales, yang juga sempat berlaga untuk mengambil posisi podium. Raul Fernandez menjadi penutup posisi sepuluh besar.

“Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat kepada Aprilia untuk kemenangan yang fantastis. Akhir pekan yang sangat baik, pertama dengan podium saya di Sprint Race dan kemenangan Aleix. Kami melakukan pekerjaan dengan baik!” kata Vinales. “Saya puas dengan akhir pekan ini. Saya merasa yakin terhadap Aprilia dan tim. Awal kami telah membaik dan kami secara konsisten berjuang untuk posisi atas. Kami akan terus bekerja keras dan sangat menyadari potensi besar kami.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement