Selasa 08 Aug 2023 12:08 WIB

Storage Ponsel Android Cepat Penuh? Coba Trik Ini

Ada enam trik mengatasi masalah ruang penyimpanan internal yang penuh.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Meski kapasitas internal ponsel Android cukup besar, ada kalanya ruang penyimpanan tersebut cepat penuh dan menghambat performa ponsel./ilustrasi
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Meski kapasitas internal ponsel Android cukup besar, ada kalanya ruang penyimpanan tersebut cepat penuh dan menghambat performa ponsel./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Meski kapasitas internal ponsel Android cukup besar, ada kalanya ruang penyimpanan tersebut cepat penuh dan menghambat performa ponsel. Kabar baiknya, masalah ruang penyimpanan internal yang penuh bisa diatasi dengan beberapa langkah sederhana. Setidaknya, ada enam trik yang bisa membantu untuk mengatasi masalah ruang penyimpanan internal yang penuh. 

Berikut ini adalah keenam trik tersebut, seperti dilansir AndroidPolice ada Selasa (8/8).

Baca Juga

1. Hapus Aplikasi yang tak Digunakan

Menghapus aplikasi yang jarang digunakan bisa dilakukan secara manual dengan memilih aplikasi yang ingin dihapus satu per satu. Pengguna juga bisa menemukan daftar aplikasi yang jarang digunakan dengan cepat melalui library aplikasi.Untuk mengakses fitur ini, buka menu Setting, pilih Apps, lalu pilih menu Unused Apps. Setelahnya, akan muncul daftar aplikasi yang paling jarang digunakan. 

Pengguna bisa melakukan uninstall aplikasi tersebut secara cepat dengan menekan ikon tong sampah di samping nama aplikasi.Cara lainnya, pengguna dapat membuka menu Storage lalu pilih Apps Storage. Setelah itu, akan muncul daftar nama aplikasi yang bisa diurutkan berdasarkan ukuran aplikasi yang paling besar hingga paling kecil. Pengguna bisa melakukan penghapusan data yang jarang digunakan dan tersimpan di dalam aplikasi-aplikasi tersebut.