Selasa 08 Aug 2023 18:53 WIB

14 Jenis Angklung Saung Mang Udjo Bandung Rampung Diekspor ke Korea Via Pos Indonesia

Total berat seluruh set angklung itu mencapai 231,5 kg.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Perajin menyelesaikan pembuatan angklung di Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Perajin menyelesaikan pembuatan angklung di Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 14 jenis instrumen angklung seberat 231,5 kg produksi Saung Angklung Mang Udjo telah diekspor dari Bandung ke Seoul, Korea Selatan dengan moda laut FCL (seafreight FCL). Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik dan transaksi keuangan, Pos Indonesia mengambil peran dalam pengiriman ini. 

Pos Indonesia sendiri memiliki jaringan pelayanan terbesar dan tersebar di seluruh pelosok nusantara. Tak hanya itu, berbagai entitas bisnis dari perusahaan global seperti UPS,  Cardig International dan Western Union pun telah menjadi mitra utama Pos Indonesia. 

Baca Juga

photo
Sebanyak 14 jenis instrumen angklung seberat 231,5 kg produksi Saung Angklung Mang Udjo telah diekspor dari Bandung ke Seoul, Korea Selatan dengan moda laut FCL (seafreight FCL). - (Dok. Bumn)

Senior Vice President International and Wholesale Business PT Pos Indonesia (Persero), Arlia Irishtiana mengatakan, pengiriman perdana angklung Saung Mang Udjo menggunakan moda seafreight FCL untuk kedutaan besar Korea Selatan. 

Ke-14 jenis instrumen angklung produksi Saung Angklung Mang Udjo yang dipaketkan tersebut, di antaranya satu set gambang pengiring, satu set gambang melodi dan 600 pcs instrumen angklung berbagai titi nada lainnya serta unit pendukung seperti dudukan dan standarnya dengan dimensi yang berbeda-beda.

"Ini akan menjadi awal yang baik bagi Pos Indonesia dalam bertransformasi menjadi perusahaan BUMN Logistik terbesar dan terpercaya di Indonesia," kata Arlia, seperti dikutip pada Selasa (8/8/2023). 

Pos Indonesia sendiri memang telah berkomitmen terus mendukung pelaku usaha, tak terkecuali usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) membidik pangsa pasar internasional. Komitmen Pos Indonesia tersebut dilakukan dengan memberikan kemudahan ekspor produk UMKM hingga keluar negeri, salah satunya memfasilitasi ekspor produk UMKM Bangka Belitung ke Amerika Serikat (AS).

Hal itu disampaikan Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Siti Choiriana atau akrab disapa Ana pada penandatanganan kerja sama antara Pos Indonesia dengan Gemawira Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Babel Creatorium, dan Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Babel, di Pangkal Pinang, beberapa waktu lalu. 

"Kerja sama ini komitmen kami menggerakkan ekonomi lokal, dalam hal pelaku usaha di Kepulauan Bangka Belitung. Kami terus berusaha memfasilitasi proses ekspor bagi para pelaku UMKM Babel dan daerah lainnya di Indonesia, " kata Ana, demikian seperti dilansir dari Antara

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement