Rabu 09 Aug 2023 11:08 WIB

Ada Demo di Patung Kuda, PT Transjakarta Ubah Enam Rute

Enam layanan Transjakarta mengalami perubahan akibat demo di Patung Kuda, Jakpus.

Rep: Eva Rianti/Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Bus Transjakarta memasuki area Halte Harmoni di Jakarta Pusat, Jumat (6/8/2021).
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Bus Transjakarta memasuki area Halte Harmoni di Jakarta Pusat, Jumat (6/8/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transjakarta melakukan penyesuaian beberapa rute layanan, imbas dari adanya kegiatan aksi demonstrasi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada Rabu (9/8/2023). Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta, Wibowo, menjelaskan ada enam rute layanan Transjakarta yang mengalami perubahan sementara di sekitar Patung Kuda.

 

Baca Juga

"Sehubungan adanya kegiatan aksi massa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat dan sekitarnya, berdampak pada beberapa layanan Transjakarta yang beroperasi di sekitar lokasi. Penyesuaian tersebut dilakukan agar tetap memobilitas kegiatan masyarakat yang beraktivitas menggunakan rute-rute terdampak," kata Wibowo di Jakarta, Rabu.

PT Transjakarta mengimbau para pengguna Transjakarta untuk dapat menyesuaikan diri terhadapa adanya perubahan rute layanan sementara tersebut. "Kami minta pelanggan untuk dapat mengatur perjalanan selama penyesuaian ini berlangsung. Layanan akan beroperasi normal apabila jalur sudah bisa dilintasi kembali," ujar Wibowo.

 

Berikut penyesuaian rute akibat dampak demo di kawasan Patung Kuda pada Rabu:

1. Blok M-Kota (Koridor 1)

Mengalami penyesuaian pada arah Kota sementara untuk arah sebaliknya beroperasi normal sehingga tidak melayani Halte Monas dan Bank Indonesia.

 

Rute pengalihan arah kota:

Blok M-Sarinah-Lampu Merah Sarinah keluar jalur-Lampu Merah Bank Indonesia belok kiri-Jalan Kebon Sirih-Hotel Millenium belok kiri-Jalan Fachrudin-Jati Baru Lurus-Jalan Cideng Barat-Lampu Merah Tarakan belok kanan-Halte Petojo-Lampu Merah Harmoni belok kiri- Harmoni-Kota.

 

2. Pantai Maju-Balai Kota (1A)

Mengalami pengalihan rute untuk arah Pantai Maju mengalami pengalihan rute untuk sehingga tidak melayani Halte Balai Kota. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

 

Rute pengalihannya:

Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Medan Merdeka Timur-belok kiri ke Jalan Medan Merdeka Utara (depan Istana)-belok kanan menuju Lampu Merah Harmoni.

 

3. Monas-Pulogadung (Koridor 2)

Mengalami pengalihan rute untuk arah Pulogadung sehingga tidak melayani pelanggan di Jalte Monas, Balai Kota DKI, dan Gambir 2. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

 

Rute pengalihannya:

Dari Halte pecenogan keluar jalur lanjut sampai lampu merah Harmoni-putar balik balik arah Juanda via Pejambon lanjut Halte Kwitang untuk halte yang dilalui saat pengalihan tetap pelayanan

 

4. Pulogadung-Rawabuaya (2A)

Mengalami pengalihan rute untuk arah Pulogadung sehingga tidak melayani pelanggan di Jalte Monas, Balai Kota DKI, dan Gambir 2. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

 

Rute pengalihannya:

Dari Halte Pecenogan keluar jalur lanjut sampai lampu merah Harmoni-putar balik balik arah Juanda via Pejambon lanjut Halte Kwitang untuk halte yang dilalui saat pengalihan tetap pelayanan.

 

5. Kalideres-Juanda (Koridor 3)

Mengalami pengalihan rute untuk kedua arah.

 

Berikut rute pengalihannya:

Arah Juanda: Kalideres-Sumber Waras-Cideng-Petojo-Lampu Merah Harmoni-Juanda

Arah Kalideres: Juanda-Harmoni lurus-Petojo-Cideng-Sumber Waras-Kalideres

6. PGC-Juanda (Koridor 5)

Mengalami pengalihan rute pada kedua arah sehingga tidak dapat melayani pelanggan untuk sementara pada Halte Balai Kota DKI dan Monas.

 

Rute pengalihannya:

Arab Juanda: PGC-Pal Putih-Kwitang-Tugu Tani-lurus Gambir 1-Istiqlal-Juanda-Pecenongan.

Arah PGC: Pecenongan-Juanda-lurus Lampu Merah Almabar-Budi Utomo-PGC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement