Rabu 09 Aug 2023 17:18 WIB

Strategi Nabi Memajukan Ekonomi Madinah

Yang pertama kali dilakukan Nabi Muhammad di Madinah adalah bangun masjid.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Erdy Nasrul
Masjid Nabawi pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW.
Foto: Agung Sasongko/Republika
Masjid Nabawi pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam di awal kejayaan yakni di masa Rasulullah SAW memiliki konsep dan sistem ekonomi yang patut dijadikan pelajaran, terutama strategi membangun Kota Madinah. Bagaimana cara Nabi membangun ekonomi Madinah?

Syafii Antonio dalam buku Ensiklopedia Peradaban Islam Madinah menjelaskan, di masa awal fase Madinah, Rasulullah SAW membangun perekonomian Madinah dan menerapkan kebijakan fiskal. Hal pertama yang dilakukan Nabi ketika hijrah ke Madinah adalah membangun masjid.

Baca Juga

Sebab masjid tidak hanya difungsikan sebagai tempat ibadah saja, melainkan multifungsi. Di antaranya sebagai tempat jual beli. Keberadaan pasar di dekat masjid ini untuk menyaingi pasar-pasar yang terlanjur didominasi oleh pasar kapitalis Yahudi.

Dalam perkembangan selanjutnya, aktivitas jual beli tidak lagi berada di lingkungan masjid. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga kekhusyukan ibadah. Aktivitas jual beli kemudian difokuskan di pasar yang diberi nama Suqul Anshar yang bermakna Pasar Anshar. Pasar ini dibangun oeh Abdurrahman bin Auf, seorang hartawan yang kaya raya atas arahan Nabi Muhammad SAW.