Kamis 10 Aug 2023 14:33 WIB

Resep Hidup Bahagia Menurut Islam

Setiap manusia pasti ingin menjalani hidupnya dengan penuh kebahagian.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Resep Hidup Bahagia Menurut Islam. Foto: Kebahagiaan oleh uang. Ilustrasi
Foto: Independent
Resep Hidup Bahagia Menurut Islam. Foto: Kebahagiaan oleh uang. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setiap manusia pasti ingin menjalani hidupnya dengan penuh kebahagian dan tidak kekurangan satu nikmat apapun, baik nikmat kesehatan, harta, serta perhatian dari orang-orang yang dikasihi. Sayangnya hidup kita lebih sering seperti roller coaster, ada saatnya kita berada di atas dan ada saatnya kita berada dibawah, bahkan tidak jarang membuat kita ingin berteriak sekencang-kencangnya.

Orangtua kita sering kali mengajarkan kita untuk selalu bersyukur dan bersabar, bersyukur saat mendapatkan kebahagiaan dan bersabar saat ditimpa musibah.

Baca Juga

Berikut ini dikutip dari buku “66 Hadits Pilihan” karya Shohibul Ulum, Islam mengajarkan bagaimana agar hidup kita selalu diliputi dengan kebahagiaan. Suatu ketika Nabi saw pernah menyampaikan nasihat kepada Abu Dzar. Abu Dzar berkata:

"Kekasihku yakni Nabi memerintah tujuh perkara padaku, (di antaranya): [1] beliau memerintahkanku agar mencintai orang miskin dan dekat dengan mereka, [2] beliau memerintahkanku agar melihat orang yang berada di bawahku (dalam masalah harta dan dunia), juga supaya aku tidak memerhatikan orang yang berada di atasku ...” (HR. Ahmad).