Kamis 10 Aug 2023 16:36 WIB

Pemkot Depok Pertimbangkan Bentuk Satgas Antitawuran Pelajar

Wakil Wali Kota Depok juga menekankan pendidikan agama untuk mencegah pelajar tawuran

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono
Foto: Republika
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Masih terjadinya aksi tawuran pelajar di Kota Depok, Jawa Barat, menjadi perhatian pemerintah daerah. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pun mewacanakan pembentukan satuan tugas (satgas) antitawuran pelajar.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengatakan, pemkot akan mencoba membicarakan wacana pembentukan satgas antitawuran pelajar itu dengan berbagai pihak terkait.

Baca Juga

“Kami bicarakan dengan pihak kepolisian yang menangani soal ini. Kami pemerintah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan mendiskusikan soal pembentukan satgas antitawuran pelajar,” kata Imam di Depok, Rabu (9/8/2023).

Dalam upaya mencegah pelajar terlibat tawuran, Imam juga menekankan soal pentingnya pendidikan di lingkungan keluarga dan pendidikan agama. “Pendidikan agama yang kuat dapat menjadi landasan untuk menghindari tawuran,” kata dia. 

Ihwal pendidikan agama, Imam mengatakan, Pemkot Depok sudah memberikan insentif bagi guru agama dan guru mengaji, dengan harapan dapat meningkatkan pembelajaran keagamaan kepada masyarakat, khususnya anak-anak.

“Peran guru ngaji dan pembimbing rohani ini penting untuk memberi bimbingan kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan pidana, seperti memakai narkoba, tawuran, dan lain-lain,” kata Imam.

Patroli dan razia kendaraan

Terkait upaya pencegahan pelajar terlibat tawuran, Wakil Kepala Polres (Wakapolres) Metro Depok Eko Wahyu Fredian mengatakan, kepolisian akan menggandeng Pemkot Depok, serta kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat, untuk memberikan imbauan ke sekolah-sekolah.

Selain itu, menurut Eko, Polres Metro Depok menggiatkan kegiatan patroli. “Kalau soal tawuran, seperti biasa kami akan tingkatan patroli. Metode ini terbukti cukup efektif mencegah tawuran saat bulan Ramadhan,” kata dia.

Eko mengatakan, Kapolres juga sudah memerintahkan jajaran untuk melakukan razia terhadap para pelajar SMP yang menggunakan kendaraan bermotor. Selain belum cukup umur untuk mengemudi, kendaraan bermotor bisa menjadi sarana pelajar saat melakukan tawuran.

“Razia akan dilakukan secara rutin. Tempatnya random. Waktunya bisa jam sekolah, tetapi bisa juga jam malam. Anak-anak kan biasanya janjian melalui media sosial lalu menggunakan kendaraan saat tawuran. Waktunya bisa siang, bisa malam,” kata Eko.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَخَلَفَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ وَّرِثُوا الْكِتٰبَ يَأْخُذُوْنَ عَرَضَ هٰذَا الْاَدْنٰى وَيَقُوْلُوْنَ سَيُغْفَرُ لَنَاۚ وَاِنْ يَّأْتِهِمْ عَرَضٌ مِّثْلُهٗ يَأْخُذُوْهُۗ اَلَمْ يُؤْخَذْ عَلَيْهِمْ مِّيْثَاقُ الْكِتٰبِ اَنْ لَّا يَقُوْلُوْا عَلَى اللّٰهِ اِلَّا الْحَقَّ وَدَرَسُوْا مَا فِيْهِۗ وَالدَّارُ الْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لِّلَّذِيْنَ يَتَّقُوْنَۗ اَفَلَا تَعْقِلُوْنَ
Maka setelah mereka, datanglah generasi (yang jahat) yang mewarisi Taurat, yang mengambil harta benda dunia yang rendah ini. Lalu mereka berkata, “Kami akan diberi ampun.” Dan kelak jika harta benda dunia datang kepada mereka sebanyak itu (pula), niscaya mereka akan mengambilnya (juga). Bukankah mereka sudah terikat perjanjian dalam Kitab (Taurat) bahwa mereka tidak akan mengatakan terhadap Allah, kecuali yang benar, padahal mereka telah mempelajari apa yang tersebut di dalamnya? Negeri akhirat itu lebih baik bagi mereka yang bertakwa. Maka tidakkah kamu mengerti?

(QS. Al-A'raf ayat 169)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement