Sabtu 12 Aug 2023 12:51 WIB

Sepatu Asli Kota Bandung Ini Melegenda dan Bertahan Hingga Generasi Kedua

Menggunakan teknik pengeleman sepatu serta rubber sol anti-licin bisa melindungi kaki

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Yungky Pangestanu, selaku second generation leader dari GATS (kanan) dan CEO GATS, Gunaratna Andy Tanusasmita (kiri).
Foto: dok. Republika
Yungky Pangestanu, selaku second generation leader dari GATS (kanan) dan CEO GATS, Gunaratna Andy Tanusasmita (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, Julukan kota fashion, memang layak di berikan ke Kota Bandung. Psalnya, tak hanya model pakaian yang jadi trendsetter, tapi juga fashion pelengkap lainnya seperti sepatu.

Salah satu sepatu buatan Kota Bandung yang melegenda adalah Brand GATS yang berdiri sejak tahun 1987. Foundernya Gunaratna Andy Tanusasmita, mendirikan GATS di daerah Cigondewah dengan memberdayakan masyarakat sekitar.

Brand GATS adalah brand sepatu dan sandal kulit pria yang sudah mendominasi market Indonesia sejak tahun 1990 sampai sekarang.

"Pada 1987 kami membuat sepatu fokus d kulit.  Jadi, the real leather dengan mengutamakan kenyamanan dan ketahanan," ujar Yungky Pangestanu, selaku Second Generation Leader dari GATS, Sabtu (12/8/2023).

Menurut Yungky, produk sepatunya bisa bertahan beberapa generasi karena di desain dengan memperhatikan anatomi kaki manusia. "Jadi, sangat nyaman di kaki," tuturnya. 

Selain itu, menggunakan teknik pengeleman sepatu yang benar. Serta menggunakan, rubber sol anti-licin sangat bisa melindungi kaki.

"Lima tahun sampai 7 tahun sepatu kami bisa tahan. Tergantung model yang dipilih. Produk ini asli Bandung, awal-awal di desain sendiri oleh ibu saya dengan menggandeng pengerajin sekitar pabrik. Tapi kami menerapkan standard tinggi dengan Detail oriented," katanya. 

Setelah beberapa generasi, kata dia, produknya merambah ke segmen baby boomers dan generasi X. Fokusnya, di retail dengan membuat produk-produk yang related dengan generasi muda. Harga sepatu GATS, ini dibandrol Rp 500 sampai Rp 600 ribu. Sedangkan sandal, dikisaran Rp 300 sampai 550 ribu.

"Sampai 2020 full kulit. Tapi, sekarang ada modifikasi," katanya.

Model- model sandal GATS, kata dia, sangat cocok untuk dipakai bagi umat muslim yang sedang menunaikan ibadahnya, seperti saat Idul Fitri maupun saat Idul Adha dan Naik Haji ato umroh.

"Idul fitri, banyak banget menggunakan shalat ied. Banyak juga yang membeli untuk ke Tanah Suci. Jadi, momen panen penjualan kami di Idul Fitri penjualan bisa naik 4 kali lipat," katanya.

Keunggulan dari sepatu kulit GATS, kata dia, tak hanya dari penggunaan material-material yang berkualitas tinggi dan sangat nyaman untuk dipakai. Namun, bertahan bertahun-tahun karena menggunakan teknologi pengeleman dan lasting yang canggih.

Sepatu ini juga memiliki keunggulan pada aspek ergonomis sepatu dan sandal yang membuat para pengguna dapat merasakan kenyamanan pada kaki, sehingga kaki akan terasa nyaman dan tidak sakit, dan bagus juga bagi kesehatan kaki.

Saat ini, kata dia, sepatu GATS sudah terdistribusi ke seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dan tersedia pada toko-toko retail sepatu.

"Kekuatan dari sepatu GATS berada pada category sepatu casual, karena sangat cocok dipakai oleh pekerja kantoran, PNS, para guru karena nyaman, tahan lama, dan keren untuk dipakai," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement