Sabtu 12 Aug 2023 14:17 WIB

Rahasia Agar Tiap Hajat Terkabul, Baca Ayat Ini

Ikhtiar batin, yakni berkomunikasi dengan Allah sebagai Dzat yang mengabulkan hajat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Berdoa. Ilustrasi
Foto: Thoudy Badai/Republika
Berdoa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang ingin hajatnya terkabul, terbebas dari kesulitan hidup dan menemukan kemudahan-kemudahan dalam setiap urusan.

Alhasil hajatnya pun tak kunjung tercapai. Namun, untuk mewujudkannya, banyak orang yang hanya menempuh ikhtiar lahiriah dan melupakan ikhtiar batin.

Baca Juga

Ikhtiar batin, yakni berkomunikasi dengan Allah sebagai Dzat yang mengabulkan hajat dan yang menghilangkan kesulitan hidup seorang hamba.

Untuk itu, Rasulullah SAW memberitahukan sebuah amal yang dapat membuat seorang Muslim tercapai segala hajatnya dan terbebas dari setiap kesulitan. Sebagaimana yang diwasiatkan Rasulullah SAW kepada Ali bin Abi Thalib yang dapat ditemukan di dalam kitab Wasiyatul Mustofa yang disusun Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafi'i Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syarani.

Berikut keterangannya.

يَا عَلِيُّ، إِذَا أَرَدْتَ حَاجَةً فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِيِّ وَادْعُ اللهَ فِي الْهُمُوْمِ وَالْكُرُوْبِ وَقُلْ يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ فَاغْفِرْ لِيْ وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ وَفَرِّجْ هَمِّيْ، فَإِنَّ اللهَ يَكْشِفُ الْهُمُوْمَ وَيُفَرِّجُ عِنْدَ الْكُرُوْبِ وَيَقْضِيْ لَكَ الْحَوَائِجَ

Wahai Ali, jika engkau menghendaki sebuah hajat maka bacalah ayat kursi, dan berdoalah kepada Allah untuk menghilangkan berbagai kesumpekan dan berbagai kesulitan, dan ucapkanlah (setelah baca ayat kursi):

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ فَاغْفِرْ لِيْ وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ وَفَرِّجْ هَمِّيْ

Yaa hayyu yaa qoyyum laa ilaaha illa anta birohmatika astagitsu faghfirliyy wa ashlih liyy syaaniyy wa farrijn hammiy

Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Wahai Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, tidak ada tuhan selain Engkau, dengan rahmatMu aku memohon pertolongan. Maka ampunilah aku, perbaikilah urusanku, dan hilangkanlah sumpekku. Sungguh Allah akan menghapus kesumpekanmu, melepaskan kesulitanmu dan Allah akan memenuhi hajat-hajatmu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement