Senin 14 Aug 2023 00:55 WIB

Gus Dur Larang Prabowo Pulang ke Indonesia Usai Kerusuhan Mei 98: Nanti Kamu Dihabisi Preman

Gus Dur takut Prabowo dihabisi preman Cengkareng.

Rep: Kurusetra/ Red: Partner
.
.

Gus Dur (kiri) dan Prabowo (kanan). Usai kerusuhan Mei 1998, Gus Dur melarang<a href= Prabowo yang sedang mengasingkan diri di Yordania pulang ke Indonesia karena takut dihabisi preman Cengkareng. Foto; Tangkapan layar." />
Gus Dur (kiri) dan Prabowo (kanan). Usai kerusuhan Mei 1998, Gus Dur melarang Prabowo yang sedang mengasingkan diri di Yordania pulang ke Indonesia karena takut dihabisi preman Cengkareng. Foto; Tangkapan layar.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) punya hubungan spesial dengan Prabowo Subianto. Keduanya bersahabat sejak masa Orde Baru, di mana saat Prabowo masih berdinas di TNI dengan pangkat letnan kolonel, dia menjadi penghubung antara Gus Dur dengan Presiden Soeharto.

Seperti diketahui, hubungan Gus Dur dan Soeharto sering mengalami pasang surut. Saat sedang berseberangan, Prabowo menjadi pengantar pesan Presiden Soeharto kepada Gus Dur.

Pada 1992, Gus Dur yang saat itu menjabat sebagai Ketua Umum PBNU berencana menggelar "Rapat Akbar Dua Juta Umat" di Parkir Timur Senayan. Saat itu Prabowo yang masih menjadi menantu keluarga Cendana, datang menghadap Gus Dur untuk menyampaikan pesan dari Presiden Soeharto. Di sini pertama kali mereka bertemu.

.