Senin 14 Aug 2023 13:59 WIB

Wilayah Utara Cina, Mongolia Dalam Laporkan Dua Kasus Wabah Pes

Wabah pes adalah penyakit infeksi yang sebagian besar disebarkan oleh hewan pengerat.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
 Wilayah utara Cina, Mongolia Dalam, melaporkan dua kasus wabah pes pada hari Sabtu (11/8/2023)
Foto: EPA-EFE/MARK R.CRISTINO
Wilayah utara Cina, Mongolia Dalam, melaporkan dua kasus wabah pes pada hari Sabtu (11/8/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Wilayah utara Cina, Mongolia Dalam, melaporkan dua kasus wabah pes pada hari Sabtu (11/8/2023), menyusul infeksi sebelumnya yang terdeteksi pada tanggal 7 Agustus 2023, kata pemerintah setempat.

Dua orang yang terinfeksi adalah suami dan anak perempuan dari kasus sebelumnya, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan di situs webnya. Semua kontak dekat telah dikarantina dan tidak menunjukkan gejala-gejala yang tidak normal, menurut pernyataan tersebut.

Kasus infeksi pes, penyakit yang sangat menular yang sebagian besar disebarkan oleh hewan pengerat, tergolong rendah di Cina, dengan sebagian besar ditemukan di wilayah Mongolia Dalam dan wilayah Ningxia barat laut dalam beberapa tahun terakhir.

Semua kontak dekat pasien telah dikarantina dan sejauh ini mereka tidak menunjukkan gejala yang tidak normal, kata pernyataan itu.

Wabah pes adalah penyakit infeksi yang sebagian besar disebarkan oleh hewan pengerat. Jumlah kasusnya rendah di Cina. Sebagian besar kasus dalam beberapa tahun terakhir ditemukan di wilayah Mongolia Dalam dan Ningxia. Ningxia adalah sebuah wilayah di barat laut Cina.

Wabah pes adalah bentuk wabah yang paling umum. Hal ini dapat berakibat fatal jika tidak diobati tepat waktu. hal ini disebabkan oleh gigitan kutu yang terinfeksi.

Bakteri pes masuk ke dalam tubuh pasien melalui gigitan. Kemudian berjalan melalui sistem limfatik ke kelenjar getah bening terdekat. Di tempat ini, bakteri tersebut mereplikasi dirinya sendiri.

Hal ini menyebabkan peradangan pada kelenjar getah bening. Wabah pes, pada stadium lanjut, bahkan dapat mempengaruhi paru-paru. Ini kemudian menjadi wabah pes, jenis wabah yang lebih parah. Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan beberapa langkah pencegahan. (Reuters)

"Langkah-langkah pencegahan termasuk memberi tahu orang-orang ketika wabah zoonosis hadir di lingkungan mereka dan menyarankan mereka untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap gigitan kutu dan tidak menangani bangkai hewan. Umumnya orang harus disarankan untuk menghindari kontak langsung dengan cairan dan jaringan tubuh yang terinfeksi. Ketika menangani pasien yang berpotensi terinfeksi dan mengumpulkan spesimen, tindakan pencegahan standar harus diterapkan...," kata WHO di situsnya.

Namun, WHO menggarisbawahi bahwa mereka tidak merekomendasikan vaksinasi kecuali untuk kelompok berisiko tinggi seperti petugas laboratorium yang terus-menerus terpapar risiko infeksi dan petugas kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement