RES :Array
(
    [page] => 1
    [limit] => 10
    [explicit] => 
    [total] => 1
    [has_more] => 
    [list] => Array
        (
            [0] => Array
                (
                    [id] => x8n7t40
                    [title] => Sambut Hari Kemerdekaan, Warga Cibahong Tasikmalaya Buat Lorong Merah Putih
                    [owner] => x253sru
                    [duration] => 131
                    [owner.views_total] => 80935772
                    [views_total] => 40
                )

        )

)
Sambut Hari Kemerdekaan, Warga Cibahong Tasikmalaya Buat Lorong Merah Putih

Selasa 15 Aug 2023 18:44 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agung Sasongko

Sambut Hari Kemerdekaan, Warga Cibahong Tasikmalaya Buat Lorong Merah Putih

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA -- Warga di RT 19/8 Kampung Cibahong, Desa Sukamenak, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan cara yang meriah. Jalan sepanjang 250 meter yang melintas di wilayah itu dibuat seperti lorong dengan kain merah putih dengan ditambah berbagai lampu berwarna-warni.

Tokoh masyarakat setempat, Badrudin, mengatakan ide membuat dekorasi lorong mera putih untuk menyambut Hari Kemerdekaan itu merupakan hasil dari musyawarah warga sekitar. Pembuatan lorong itu pun dilakukan secara swadaya oleh warga tanpa sponsor dari pihak manapun.

Badrudin mejelaskan kegiatan mendekorasi Jalan Cipawedal menjadi semacam lorong itu merupakan yang kedua kali dilakukan oleh warga Kampung Cibahong. Namun, baru tahun ini dekorasi meriah di kampung itu mendapatkan banyak apresiasi. Bahkan, Bupati Tasikmalaya Ade Sugiato sampai menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Kampung Cibahong untuk melihat langsung dan mengapresiasi keindahan lorong tersebut. 

Tak hanya lorong merah putih dekorasi yang dibuat warga Kampung Cibahong dalam menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Warga juga membuat sejumlah ornamen, seperti Burung Garuda, lukisan tokoh plokamator Indonesia, dan berbagai hiasan lainnya.

Videografer : Bayu Adji

Video Editor: Fakhtar Khairon Lubis