Rabu 16 Aug 2023 16:42 WIB

Astronom Konfirmasi Maisie, Salah Satu Galaksi Tertua di Alam Semesta

Usia Maisie sekitar 13,4 miliar tahun.

Red: Partner
.
Foto: network /
.

Galaksi<a href= Maisie ditemukan oleh teleskop James Webb (JWST) pada Juni 2022. (NASA)" />
Galaksi Maisie ditemukan oleh teleskop James Webb (JWST) pada Juni 2022. (NASA)

ANTARIKSA -- Para astronom mengonfirmasi keberadaan galaksi Maisie sebagai salah satu galaksi tertua. Galaksi itu terbentuk 390 juta tahun setelah Big Bang. Garis waktu tersebut tidak setua perkiraan awal. Usia Maisie sekitar 13,4 miliar tahun.

Para astronom menggunakan instrumen canggih untuk menghitung usia galaksi Maisie yang lebih akurat. Galaksi Maisie ditemukan oleh teleskop James Webb (JWST) pada Juni 2022.

Sistem tersebut hanya 70 juta tahun lebih muda dari JADES-GS-z13-0, sistem tertua yang diketahui saat ini.

Sebuah tim yang dipimpin oleh astronom University of Texas di Austin Steven Finkelstein menemukan sistem Maisie musim panas lalu. Tim tersebut awalnya memperkirakan bahwa Maisie terbentuk hanya 290 juta tahun setelah Big Bang.

Namun, analisis dengan peralatan yang lebih canggih mengungkapkan bahwa galaksi itu sekitar 100 juta tahun lebih tua dari itu. "Hal yang menarik tentang galaksi Maisie adalah bahwa itu adalah salah satu galaksi jauh pertama yang diidentifikasi oleh JWST. Dari kumpulan itu, Maisie adalah yang pertama benar-benar dikonfirmasi secara spektroskopi," kata Finkelstein.

Konfirmasi spektroskopi dilakukan menggunakan istrumen JWST's Near InfraRed Spectrograph (NIRSpec) yang dilakukan oleh Cosmic Evolution Early Release Science Survey (CEERS). NIRSpec membagi cahaya objek menjadi banyak frekuensi sempit yang berbeda. Tujuannya agar lebih akurat mengidentifikasi susunan kimianya, keluaran panas, kecerahan intrinsik, dan gerakan relatifnya.

Dilansir dari Engadget, ilmuwan melakukan analisis pergeseran merah untuk membantuk menentukan usia benda langit tersebut, Pergeseran merah adalah pergerakan cahaya menuju panjang gelombang yang lebih panjang (lebih merah) untuk menunjukkan gerakan menjauh dari pengamat.

Pergeseran merah memegang kunci untuk penanggalan yang lebih akurat daripada perkiraan berbasis fotometri asli.

Hasil analisis pergeseran merah membantu para peneliti menetapkan perkiraan sebelumnya yang diduga Maisie terbentuk 390 juta tahun setelah Big Bang.

Para astronom juga memeriksa CEERS-93316, sebuah galaksi yang awalnya diperkirakan berusia 235 juta tahun sebelum Big Bang. Setelah mempelajari sistem ini, ditemukan bahwa galaksi ini terbentuk satu miliar tahun setelah Big Bang.

Tim CEERS saat ini sedang mengevaluasi sekitar 10 sistem lagi yang mungkin lebih tua dari galaksi Maisie.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

• Sangat tertarik