Jumat 18 Aug 2023 17:42 WIB

Momen HUT Ke-78 RI, Ganjaran Buruh Berjuang Gelar Ajak Perkuat Silaturahmi di Subang

Buruh dan perusahaan diharapkan kompak dalam menggapai kesejahteraan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menghelat upacara kemerdekaan. Acara yang dihadiri ratusan kalangan buruh dan HRD itu berlangsung di PT Willbes Global, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat (Jabar).
Foto: Dok. Web
Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menghelat upacara kemerdekaan. Acara yang dihadiri ratusan kalangan buruh dan HRD itu berlangsung di PT Willbes Global, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Dalam rangka menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI), sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menghelat upacara kemerdekaan. Acara yang dihadiri ratusan kalangan buruh dan HRD itu berlangsung di PT Willbes Global, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat (Jabar). 

Ketua Umum GBB Lukman Hakim mengatakan, momentum ini menjadi pertanda berhasilnya implementasi kolaborasi antara GBB dengan belasan perusahaan di Subang. 

Baca Juga

Diketahui, upacara tersebut dihadiri oleh delegasi dari 12 perusahaan swasta, anggota serikat pekerja Garteks, SPN dan SPSI serta tiga komunitas pekerja dari seni budaya, buruh tani, juga buruh nelayan. 

"Tujuannya adalah selain memperingati hari kemerdekaan RI ke-78 kami ingin membangun sebuah kolaborasi antara manajemen perusahaan HRD dan juga pekerja atau serikat pekerja untuk membangun sebuah hubungan industrial berdasarkan Pancasila untuk penguatan industri nasional dan kesejahteraan buruh," ujar Lukman, seperti dinukil pada Jumat (18/8/2023). 

Mengusung tema menuju Indonesia tangguh dan rakyat sejahtera, kegiatan ini juga sebagai bentuk konsolidasi sekaligus komitmen untuk memperluas dukungan bagi Ganjar Pranowo. 

Lukman mengajak para peserta untuk kembali meningkatkan semangat patriotisme dengan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran. Karena sesungguhnya jasa para pahlawan yang telah menghantarkan Indonesia menuju kemerdekaan. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pembina GBB Ferry Indrianto selaku inspektur upacara juga mengungkapkan hal yang serupa. Menurut Ferry, ada dua makna penting dibalik terselenggaranya upacara kemerdekaan tersebut. 

Pertama, untuk memperingati hari kemerdekaan RI guna menggugah semangat patriotik dari kaum buruh. Kedua, sebagai wujud kolaborasi yang penting antara pengusaha dan pekerja demi terciptanya penguatan industri nasional. 

Ferry menegaskan bahwa GBB mempunyai konsep pembentukan Komisi Nasional Hubungan Industrial (KNHI) untuk memastikan penguatan industri nasional dan kesejahteraan buruh dapat tercapai. 

"Ini adalah wujud dari pesta kami atas struktur pemenangan perusahaan yang telah kami bangun dengan mengadakan upacara kemerdekaan RI ke-78 di dalam perusahaan yang ini adalah sejarah yang belum pernah terjadi," kata Ferry. 

Dia menyebut, ini baru pertama kali diadakan di lingkungan perusahaan. Sehingga antusiasme para peserta yang hadir sangat tinggi untuk ikut upacara. 

"Juga merupakan ajang konsolidasi dari tim pemenangan perusahaan dan komunitas buruh pekerja informal di Subang," kata Ferry. 

"Ini bagian dari apel akbar juga atas kesiapan tim pemenangan tingkat perusahaan dan buruh informal di kabupaten Subang untuk memenangkan Ganjar pranowo," kata dia menambahkan. 

Hal senada juga disampaikan HRD Manager PT Willbes Global, Nisfu Sabani. Nisfu sangat berterima kasih kepada GBB yang telah menggelar upacara kemerdekaan. Pasalnya jarang sekali ada upacara yang dilakukan di lingkungan perusahaan. 

"Ini hal yang sangat bagus sekali karena mungkin jarang sekali perusahaan swasta mengadakan acara HUT RI yang saya dengar perusahaan swasta baru sekarang di sini. Saya sangat apresiasi GBB," ungkap Nisfu.

Upaya GBB sebelumnya juga telah menyerap masukan dan aspirasi dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI). "Kami ingin menyerap masukan, konsep, dan solusi atas isu-isu ketenagakerjaan," kata Ketua Umum GBB Lukman Hakim, demikian dilansir dari Antara

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement