REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Awal sebelum merebaknya 'virus' MotoGP di awal era milenium 2000-an. Kelas tertinggi di ajang balap para raja adalah GP500 yang masih menggunakan mesin 2-tak.
Sedangkan untuk motor MotoGP bervariasi dan puncaknya menggunakan mesin 4-tak dengan kapasitas 1.000cc. Kedua motor ini memiliki jenis mesin berbeda dan barang tentu karakteristik memacunya pasti juga berbeda.
Legenda balap Valentino Rossi, yang pernah merasakan dua jenis motor berbeda angkat bicara. Ia mengaku, kecepatan dan akselerasi GP500 alias motor 2-tak sangatlah mengagumkan.
"Dua jenis motor yang berbeda 2-tak serta 4-tak secara karakter mesin juga berbeda. MotoGP kurang selektif, ada banyak pembalap yang bisa memaksimalkan potensi motor hingga 95 persen," kata Rossi menjelaskan, dikutip pada Ahad (20/8/2023).
Pria asal Italia berjuluk the Doctor itu menjadi pembalap yang terakhir merasakan gelar juara dunia GP500. Pun, pertama mengecap titel dunia motor MotoGP.
Motor sulit dikendarai ...