Ahad 20 Aug 2023 14:22 WIB

Ribuan Warga Meriahkan Kirab Budaya Merah Putih di Kota Sukabumi

Kirab Budaya Merah Putih diharapkan menguatkan kebersamaan di Kota Sukabumi. 

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Kirab Budaya Merah Putih di Kota Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (20/8/2023).
Foto: Riga Nurul Iman
Kirab Budaya Merah Putih di Kota Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (20/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Kirab Budaya Merah Putih digelar di Kota Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (20/8/2023), dalam menyemarakkan peringatan ke-78 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kirab Budaya Merah Putih ini diikuti ribuan peserta dari berbagai kalangan dan elemen masyarakat.

Pelepasan Kirab Budaya Merah Putih dilakukan di Lapang Merdeka oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. “Peserta kirab budaya 2.500 peserta, dari 31 komponen masyarakat,” kata Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi, Iskandar.

Baca Juga

 

photo
Peserta Kirab Budaya Merah Putih dilepas dari Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Ahad (20/8/2023). - (Riga Nurul Iman/Republika)

 

Kirab dimeriahkan penampilan marching band Setukpa Lemdiklat Polri, perwakilan masyarakat dari tujuh kecamatan yang menunjukkan karakteristik masing-masing, serta kafilah peserta MTQ. Dilakukan juga pembentangan bendera Merah Putih sepanjang seratus meter oleh para siswa.

Para peserta Kirab Budaya Merah Putih ini melintasi sejumlah ruas jalan utama di Kota Sukabumi. Mulai Jalan Suryakencana, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gudang, Jalan RE Martadinata, Jalan Siliwangi, dan menuju Jalan R Syamsudin SH. Kirab berakhir di Plaza Balai Kota Sukabumi.

 

photo
Penampilan peserta Kirab Budaya Merah Putih di Kota Sukabumi, Ahad (20/8/2023). - (Riga Nurul Iman)

 

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, Kirab Budaya Merah Putih ini merupakan salah satu cara untuk mengajak seluruh elemen masyarakat berbahagia dan bersukacita memperingati momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu, menunjukkan kebersamaan dalam keragaman di Kota Sukabumi. “Kirab budaya simbol harmonisasi budaya dengan berbagai keragamannya di kota tercinta, tetap terjaga kerukunan,” kata Fahmi.

Fahmi bersyukur Kota Sukabumi mendapat penghargaan sebagai kota toleran. Dengan Kirab Budaya Merah Putih ini, ia berharap dapat menguatkan kerukunan dan kebersamaan di Kota Sukabumi. Diharapkan juga dapat mendorong kebersamaan dalam membangun dan memajukan Kota Sukabumi.

“Mari cintai Sukabumi sepenuh hati. Ketika mencintai sepenuh hati, akan membawa Sukabumi lebih baik dari waktu ke waktu,” kata Fahmi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement