Ahad 20 Aug 2023 20:48 WIB

Tiga Tanda Kekurangan Vitamin Serius yang Bisa Disalahartikan sebagai Covid 

Tubuh kita membutuhkan vitamin dan mineral tertentu.

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Muhammad Hafil
Asupan vitamin dan mineral untuk daya imun tubuh (ilustrasi)
Foto: Adam Niescioruk Unsplash
Asupan vitamin dan mineral untuk daya imun tubuh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tubuh kita membutuhkan vitamin dan mineral tertentu untuk memastikan mereka dapat berfungsi dengan kemampuan terbaiknya. Vitamin B12 adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk membantu tubuh membuat sel darah yang sehat.

Tanpa sel darah ini, tubuh berjuang untuk mengangkut oksigen ke berbagai organ. Ini berarti kekurangan B12 dapat menyebabkan komplikasi serius.

Baca Juga

Oleh karena itu, setiap tanda-tanda masalah harus diperiksa sesegera mungkin. Namun, ini terbukti sulit karena berbagai gejala defisiensi B12 dapat disalahartikan sebagai masalah kesehatan lainnya.

Menurut ahli gizi Mays Al-Ali, dari Healthy Mays, tiga tanda defisiensi yang harus diperhatikan antara lain kelemahan dan kelelahan, kehilangan rasa atau bau serta diare. Ini juga terdaftar sebagai gejala Covid 19, artinya kekurangannya bisa salah didiagnosis. Namun, tanda-tanda Covid lainnya yang tidak terkait dengan kekurangan B12 antara lain batuk, demam, pilek, dan sakit tenggorokan.

“Gejala defisiensi B12 dapat mencakup spektrum yang luas seperti kelemahan, kelelahan, pusing, detak jantung dan pernapasan cepat, kulit pucat, nyeri, mudah memar dan berdarah, merah bengkak atau sakit. lidah (glositis), gangguan lambung, penurunan berat badan, diare atau konstipasi, kurang motivasi dan energi, kelemahan otot dan kesemutan pada ekstremitas," papar Mays seperti dilansir Express, Ahad (20/8/2023).

Mays menambahkan gejala neurologis lainnya termasuk perubahan sensasi, parestesia pada ekstremitas (pin dan jarum), ataksia gaya berjalan (kegagalan koordinasi otot), penglihatan yang buruk, pusing, kehilangan rasa atau bau, inkontinensia urin atau feses, kehilangan sensasi kulit, gangguan indera. proprioception, manifestasi kejiwaan, gangguan memori, perubahan kepribadian, kejang, hipotonia (penurunan tonus otot), keterlambatan perkembangan pada anak-anak, hipotensi ortostatik, takikardia ortostatik postural (detak jantung lebih cepat dari biasanya, lebih dari 100 denyut per menit).

Mencegah kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 ditemukan dalam makanan produk hewani seperti daging, ikan, keju, dan telur. “Manusia tidak dapat mensintesis B12 dan karena itu sepenuhnya bergantung pada asupan makanan, suplemen, atau makanan yang diperkaya,” kata Mays.

Satu-satunya sumber makanan alami adalah makanan sumber hewani, termasuk daging, ikan, susu, telur, dan hati. Namun, dia menyarankan cara untuk meningkatkan asupan B12 jika Anda tidak mengonsumsi produk hewani.

“Beberapa rumput laut hijau dan ungu kering mungkin mengandung B12 dalam jumlah besar, sebagai akibat dari hubungan simbiosis dengan bakteri," ujarnya.

Tetapi spirulina tidak mengandung B12; corrinoid dalam ganggang biru-hijau secara biologis tidak aktif. Jika Anda vegan atau vegetarian, Anda bisa mendapatkan B12 dari ekstrak ragi seperti Marmite. Itu juga ditemukan dalam makanan yang diperkaya tertentu seperti sereal.

Apa yang harus dilakukan jika Anda kekurangan? Jika Anda mengalami gejala defisiensi B12, Anda harus berbicara dengan dokter umum Anda.

Mereka dapat menjalankan tes untuk memastikan apakah Anda kekurangan. Dimungkinkan untuk mengobati kekurangan Anda dengan mengubah pola makan atau mengonsumsi suplemen harian. Dalam kasus yang lebih ekstrim, dokter umum Anda mungkin memutuskan bahwa Anda memerlukan suntikan B12.

 

 

 

 

 

 

 

https://www.express.co.uk/life-style/health/1802508/vitamin-deficiency-symptoms-mistaken-for-covid

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement