Senin 21 Aug 2023 16:57 WIB

Gaya Parenting Tegas Ala 'Induk Macan', Apa Baik dan Buruknya?

Gaya pengasuhan yang tegas dan keras kerap dilakoni oleh orang tua di Asia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Orang tua yang memiliki pengasuhan tiger mom atau induk macan (ilustrasi). Gaya pengasuhan semacam ini memiliki plus dan minus.
Foto: Foto : Mardiah
Orang tua yang memiliki pengasuhan tiger mom atau induk macan (ilustrasi). Gaya pengasuhan semacam ini memiliki plus dan minus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua Asia dengan gaya pengasuhan tegas kerap dijuluki tiger mom alias induk macan. Tidak ada yang salah pada pola pengasuhan tersebut, selama penerapannya disesuaikan dengan kondisi keluarga dan tidak berlebihan.

Di tengah beragam tren parenting dan pengaruh media sosial, banyak orang tua Asia, khususnya Indonesia, yang menganggap buruk atau inferior gaya pengasuhan itu. Cukup banyak yang lantas beralih ke kiblat gaya parenting Barat, seperti gentle parenting.

Baca Juga

Berbeda dengan tiger mom atau tiger parenting yang cenderung "keras" dan tegas dalam membesarkan anak, gentle parenting merupakan pengasuhan yang menekankan cinta kasih dan kelembutan. Hal itu membuat orang tua terkadang menganggap gentle parenting lebih superior daripada tiger mom.

Lewat buku berjudul Induk Macan: Merangkul Parenting dengan Kearifan Lokal dalam Era Media Sosial, praktisi parenting Krista Endinda mengulas tentang fenomena itu. Perempuan yang fokus pada perkembangan bayi dan balita itu memberikan perspektif tentang pengasuhan induk macan.