Selasa 22 Aug 2023 16:43 WIB

Realisasi Serapan Jagung Rendah, Bulog Sebut Jaga Stabilitas Harga

Upaya penyerapan Bulog bisa memicu harga jagung naik lebih mahal.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Petani memetik jagung saat panen perdana di kawasan lumbung pangan (food estate) Kampung Wambes, Distrik Mannem, Keerom, Papua, Kamis (6/7/2023).
Foto: Antara/Sakti Karuru
Petani memetik jagung saat panen perdana di kawasan lumbung pangan (food estate) Kampung Wambes, Distrik Mannem, Keerom, Papua, Kamis (6/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perum Bulog berupaya tetap memperhatikan keseimbangan pasar dalam melaksanakan penugasan penyerapan komoditas. Sekretaris Perusahaan Perum Bulog, Awaludin Iqbal menjelaskan, ketika ada kenaikan harga dan kelangkaan barang justru upaya penyerapan Bulog bisa memicu harga jagung naik lebih mahal.

Bulog mengungkapkan saat ini realisasi serapan produksi jagung nasional hanya bersumber dari dua wilayah yaitu Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan. Dua wilayah tersebut saat ini harga jagungnya masih terkendali sehingga Bulog bisa melakukan penyerapan jagung untuk memenuhi cadangan pangan pemerintah.

Baca Juga

 

"Karena skemanya masih komersial, saat ini dalam melakukan penyerapan kami juga mempertimbangkan keseimbangan supply dan demand," ujar Awaludin kepada Republika, Selasa (22/8/2023).

Ia juga menjelaskan, lumbung jagung nasional sebenarnya ada di beberapa wilayah seperti Sumbawa, Gorontalo, Medan, dan di seluruh wilayah di Jawa. Hanya saja, saat ini kondisi pasar sedang dalam harga yang tinggi, sehingga Bulog melakukan penyerapan produksi nasional yang paling memungkinkan untuk dilakukan.

"Prinsipnya seluruh wilayah. Ada beberapa daerah penghasil. Di NTB besar, Gorontalo, di Medan, di Jawa juga. Ada beberapa wilayah, tapi kondisi harga juga tergantung pasar. Kita jaga stabilitas harga pangan," ujar Awaludin.

Berdasarkan Prognosa Neraca Komoditas Jagung, perkiraan produksi jagung dalam negeri tahun 2023 mencapai 18,15 juta ton, dengan stok carry over dari tahun 2022 sebesar 3,08 juta ton. Sementara kebutuhan jagung sepanjang tahun 2023 diperkirakan sebanyak 16,98 juta ton. Sehingga perkiraan neraca jagung terdapat surplus sekitar 5,08 juta ton.

Stok jagung yang saat ini dikelola Bulog sebanyak 203 ton atau sekitar 0,08 persen dari target stok jagung nasional sesuai penugasan NFA sebanyak 250 ribu ton sepanjang tahun 2023. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِلَّا الَّذِيْنَ يَصِلُوْنَ اِلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَاقٌ اَوْ جَاۤءُوْكُمْ حَصِرَتْ صُدُوْرُهُمْ اَنْ يُّقَاتِلُوْكُمْ اَوْ يُقَاتِلُوْا قَوْمَهُمْ ۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَسَلَّطَهُمْ عَلَيْكُمْ فَلَقَاتَلُوْكُمْ ۚ فَاِنِ اعْتَزَلُوْكُمْ فَلَمْ يُقَاتِلُوْكُمْ وَاَلْقَوْا اِلَيْكُمُ السَّلَمَ ۙ فَمَا جَعَلَ اللّٰهُ لَكُمْ عَلَيْهِمْ سَبِيْلًا
kecuali orang-orang yang meminta perlindungan kepada suatu kaum, yang antara kamu dan kaum itu telah ada perjanjian (damai) atau orang yang datang kepadamu sedang hati mereka merasa keberatan untuk memerangi kamu atau memerangi kaumnya. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya diberikan-Nya kekuasaan kepada mereka (dalam) menghadapi kamu, maka pastilah mereka memerangimu. Tetapi jika mereka membiarkan kamu, dan tidak memerangimu serta menawarkan perdamaian kepadamu (menyerah), maka Allah tidak memberi jalan bagimu (untuk menawan dan membunuh) mereka.

(QS. An-Nisa' ayat 90)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement