Selasa 22 Aug 2023 21:25 WIB

Orasi di Malaysia, Din Syamsuddin: Ekonomi Dikuasai Segelintir Orang Ingin Dikte Politik

Din Syamsuddin memuji konsep Madani PM Malaysia Anwar Ibrahim.

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Prof Din Syamsuddin memuji konsep Madani PM Malaysia Anwar Ibrahim
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Prof Din Syamsuddin memuji konsep Madani PM Malaysia Anwar Ibrahim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Profesor Din Syamsuddin mengatakan bahwa wawasan madani yang digagas PM Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim dapat menjadi solusi bagi negara-negara di dunia untuk melangsung kehidupan kebangsaan dan kenegaraan menghadapi tantangan globalisasi dewasa ini. 

Demikian dikatakannya pada Debat Perdana Madani di Kampus Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi, Selangor pada Senin (21/8/2023).

Baca Juga

Menurut Din, banyak negara di dunia menghadapi ancaman perpecahan dan kemunduran karena sistem politik dan ekonomi liberal yang diterapkannya hanya menciptakan kesenjangan dan ketidakadilan. Sistem itu juga terlalu menampilkan infrastruktur fisik dan mengabaikan infrastruktur nonfisik (mental).

"Ekonomi dikuasai segelintir orang yang kemudian berusaha mendiktekan politik, sebagai akibatnya, kekuasaan politik menjadi tiran dan monopolistik serta cenderung melanggengkan kekuasaan dengan menghalalkan segala cara," kata Din dalam pesan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Selasa (22/8/2023)