Rabu 23 Aug 2023 15:48 WIB

Skrining Sejak Dini Dinilai Bisa Turunkan Angka Kematian Kanker Paru

Sebagian besar kasus kanker paru ditemukan sudah dalam stadium lanjut.

Red: Nora Azizah
Skrining sejak dini dinilai bisa menurunkan angka kematian akibat kanker paru.
Foto: www.pixabay.com
Skrining sejak dini dinilai bisa menurunkan angka kematian akibat kanker paru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Indonesian Association for the Study on Thoracic Oncology (IASTO) Prof Dr dr Elisna Syahruddin, SpP(K), PhD, mengatakan, metode skrining dengan Low Dose Computed Tomography (LDCT) dapat menurunkan angka kematian akibat kanker paru sedini mungkin. "Salah satu faktor tingginya angka kematian ini adalah sebagian besar penyakit didiagnosis pada tahap lanjut. Maka usaha untuk menurunkan angka kematian ini dengan terapi yang cepat dan tepat," ucap Elisna dalam diskusi kesehatan konsensus nasional skrining kanker paru di Jakarta, Rabu (23/8/2023).

Elisna mengatakan, tingginya angka kematian akibat kanker paru karena masyarakat sering kali datang berobat ketika sudah bergejala parah dan masuk stadium empat. Skrining dengan metode LDCT, kata Elisna, dapat lebih cepat mendeteksi kanker paru dibandingkan dengan foto toraks dan sputum (dahak).

Baca Juga

LDCT, yang menggunakan komputer dengan sinar-X berdosis rendah, menghasilkan serangkaian gambar dan dapat membantu mendeteksi kelainan paru-paru, termasuk tumor. Metode LDCT sudah dilakukan uji klinis di Amerika Serikat dengan melibatkan lebih dari 50.000 peserta dan menunjukkan penurunan relatif 20 persen dalam kematian akibat kanker paru.

Elisna mengatakan, terdapat beberapa kriteria orang yang bisa menjalani skrining LDCT, yaitu usia 45 - 71 tahun, jenis kelamin diutamakan laki-laki dan memiliki riwayat kanker dari keluarga.

"Selain itu orang yang terkena paparan asap rokok, perokok aktif, bekas perokok kurang 15 taun, perokok pasif dan riwayat kanker dalam keluarga," kata Elisna menambahkan.

Secara singkat, pasien bisa melakukan konsultasi ke dokter paru sebelum melakukan LDCT, yang sudah ditanggung BPJS. Setelah mendapatkan hasil, pasien bisa kembali ke dokter untuk membaca hasil. Jika nodul atau terdeteksi bibit kanker paru, dokter akan menjadwalkan konsultasi dan tindak lanjut LDCT tiap 2 tahun. Namun jika tidak, akan diberikan tindakan sesuai keadaan pasien.

Menurut Elisna, saat ini algoritma kecerdasan buatan dapat dilatih untuk mendeteksi dan menyoroti nodul atau lesi paru-paru dalam gambar medis. Mereka dapat membantu radiologis dalam mengidentifikasi pertumbuhan yang berpotensi kanker pada tahap awal.

Dia juga mengatakan, deteksi dini dapat memungkinkan para penyedia layanan kesehatan untuk menawarkan perawatan yang paling sesuai untuk pasien.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ فِيْكُمْ رَسُوْلَ اللّٰهِ ۗ لَوْ يُطِيْعُكُمْ فِيْ كَثِيْرٍ مِّنَ الْاَمْرِ لَعَنِتُّمْ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ حَبَّبَ اِلَيْكُمُ الْاِيْمَانَ وَزَيَّنَهٗ فِيْ قُلُوْبِكُمْ وَكَرَّهَ اِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوْقَ وَالْعِصْيَانَ ۗ اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الرَّاشِدُوْنَۙ
Dan ketahuilah olehmu bahwa di tengah-tengah kamu ada Rasulullah. Kalau dia menuruti (kemauan) kamu dalam banyak hal pasti kamu akan mendapatkan kesusahan. Tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan (iman) itu indah dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus,

(QS. Al-Hujurat ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement