Rabu 23 Aug 2023 15:52 WIB

Pakar: Megawati Berkontribusi dalam Pelemahan KPK 

Pakar sebut Megawati Soekarnoputri berkontribusi dalam pelemahan KPK.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Pakar sebut Megawati Soekarnoputri berkontribusi dalam pelemahan KPK.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Pakar sebut Megawati Soekarnoputri berkontribusi dalam pelemahan KPK.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar hukum dari Universitas Mulawarman, Herdiansyah Hamzah tak heran dengan wacana pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang didengungkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sebab Megawati dipandang berperan melemahkan KPK. 

Herdiansyah menyatakan PDIP adalah partai penguasa yang menjadi salah satu barisan pelopor melemahkan KPK. Salah satunya lewat revisi UU KPK pada 2019 yang melucuti kewenangan lembaga antirasuah itu.

Baca Juga

"Sepertinya Megawati lupa kalau partainya, termasuk presiden Jokowi yang juga kader PDIP-lah yang berkontribusi besar dengan kondisi KPK hari ini yang makin buruk dan kian dijauhi publik," kata Herdiansyah saat dikonfirmasi pada Rabu (23/8/2023). 

Herdiansyah menegaskan PDIP mestinya bertanggungjawab atas makin buruknya kinerja KPK. Sehingga Megawati bukan pada posisi untuk mengeluhkan kinerja KPK.