Kamis 24 Aug 2023 07:50 WIB

Putin Puji India Jadi Negara Pertama Daratkan Wahana Antariksa di Kutub Selatan Bulan

Rusia dan India berlomba jadi negara pertama yang mendaratkan di kutub selatan bulan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Presiden Rusia Vladimir Putin memuji keberhasilan India menjadi negara pertama yang berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa di kutub selatan Bulan.
Foto: AP Photo/Aijaz Rahi
Presiden Rusia Vladimir Putin memuji keberhasilan India menjadi negara pertama yang berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa di kutub selatan Bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin memuji keberhasilan India menjadi negara pertama, yang berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa di kutub selatan Bulan. Putin menyampaikan ucapan selamat kepada Perdana Menteri India Narendra Modi atas pencapaian tersebut.

“Terimalah ucapan selamat saya yang tulus atas keberhasilan pendaratan wahana antariksa Chandrayaan-3 India di Bulan dekat kutub selatan. Ini merupakan langkah panjang dalam eksplorasi luar angkasa dan, tentu saja, merupakan bukti kemajuan mengesankan yang dicapai India dalam hal sains serta teknik,” kata Putin dalam pernyataan yang dipublikasikan Kremlin, Rabu (23/8/2023), dikutip laman kantor berita Rusia, TASS.

Baca Juga

Dalam ucapannya, Putin turut menyampaikan selamat kepada para pimpinan dan staf Organisasi Penelitian Antariksa India. Badan antariksa Rusia, Roscosmos, juga mengucapkan selamat kepada India atas keberhasilannya menjadi negara pertama yang mendaratkan pesawat luar angkasa di kutub selatan Bulan.

“Roscosmos mengucapkan selamat kepada rekan-rekan India atas keberhasilan pendaratan Chandrayaan-3. Eksplorasi Bulan penting bagi seluruh umat manusia. Di masa depan ini mungkin menjadi platform untuk penguasaan ruang angkasa yang lebih dalam,” kata Roscosmos.