Kamis 24 Aug 2023 09:58 WIB

Mandiri Capital Luncurkan Program Zenith, Dorong Sinergi Startup

Zenith merupakan program akselerator startup bertema Catalyzing Innovation, Growth.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi sosialisasi startup.
Foto: Cyber University
Ilustrasi sosialisasi startup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) meluncurkan program Zenith sebagai langkah inovasi dan menjalin sinergi antara Mandiri Group. Program akselerator ini dirancang untuk mendorong sinergi yang berkelanjutan dan saling menguntungkan bagi Mandiri dan startup.

Zenith merupakan program akselerator startup dengan tema 'Catalyzing Innovation, Growth, and Sustainability' yang berfokus pada lima industri, yaitu Embedded Finance, B2B Value Chain, Merchant Enabler, Environment, Social and Governance (ESG), dan Artificial Intelligence.

Baca Juga

Direktur Investasi Mandiri Capital Indonesia, I Made Putera Pratistha, mengatakan melalui Zenith, berdedikasi untuk menumbuhkan budaya kolaborasi. MCI sebelumnya telah mengadakan Xponent, yaitu acara business matching dan speed dating dengan startup.

"Zenith merupakan titik puncak penciptaan nilai tambah bagi Mandiri Group dan startup melalui sinergi. Zenith adalah bentuk komitmen kami untuk berkontribusi dalam pertumbuhan ekosistem Mandiri dan mendukung pertumbuhan startup di Asia Tenggara," ujar dia dalam konferensi pers peluncuran Zenith di Jakarta, Rabu (23/8/2023).

Sementara itu, Synergy Senior Manager MCI, Fleta Jovitasari, menjelaskan program Zanith ini berlangsung selama 12 minggu di mana terdapat tiga sesi utama yang akan dihadiri oleh startup, yaitu sesi mentorship, workshop, dan synergy creation.

Menurut Zleta, sesi mentorship akan dibawakan oleh pakar industri, berfokus pada experience dan knowledge sharing seputar bisnis. Lalu, sesi workshop akan berbicara mengenai tantangan bisnis Mandiri dan peluang apa yang tersedia untuk para startup. Sedangkan synergy creation merupakan percepatan integrasi hingga berujung pada traction building

"Zenith adalah program  tiga bulan. Dengan durasi ini, diharapkan startup-startup yang mengikuti Zenith itu mendapatkan pembekalan dan knowledge yang di mana di sini bisa ketemu dengan beberapa mentor-mentor dari industry expert dari luar," kata Zleta.

Program ini akan memberikan dampak dan pengalaman positif untuk startup dan Mandiri, di mana startup akan mendapatkan akses masuk ke dalam ekosistem Mandiri dan Mandiri dapat terbantu dari solusi yang ditawarkan oleh startup

"Adapun kriteria yang dibutuhkan untuk dapat mengikuti program Zenith, yaitu proven business model, sudah mencapai product-market-fit, serta memiliki kesesuaian dengan fokus industri pada Zenith," kata Zleta.

Sebagai informasi, PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) adalah anak perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) yang bergerak di bidang modal ventura, yang bertindak sebagai penghubung atau jembatan antara Mandiri Group dan startups untuk mendorong inovasi dan inisiatif sinergi.

MCI berkomitmen untuk membangun kemitraan strategis untuk mempercepat inovasi di digital ekosistem Indonesia dan juga berinvestasi pada startups, yang memiliki keselarasan inovasi dan sinergi dengan Mandiri Group.

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement