Jumat 25 Aug 2023 09:40 WIB

Asyik, Sekarang Bisa Berbagi Video Kualitas HD Lewat WhatsApp, Begini Caranya

Proses pengiriman video HD di WhatsApp sama seperti gambar beresolusi tinggi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp meluncurkan fitur baru yaitu berbagi video kualitas HD/ilustrasi.
Foto: Unsplash
WhatsApp meluncurkan fitur baru yaitu berbagi video kualitas HD/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—WhatsApp terus menambahkan fitur-fitur baru dan peningkatan pada platformnya. Pada Agustus 2023 saja, layanan perpesanan milik Meta itu terlihat menguji dukungan multi-akun, penjadwalan panggilan mirip Zoom, dan autentikasi kunci sandi. Pada saluran stabil, layanan ini meluncurkan berbagi layar pada panggilan video dan kemampuan untuk berbagi gambar resolusi tinggi.

Ketika yang terakhir ini dirilis, WhatsApp mencatat bahwa berbagi video HD juga akan segera ditayangkan di platformnya. Hanya beberapa hari kemudian, tampaknya fitur tersebut telah tersedia di salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia.

Baca Juga

Dilansir Android Police, Jumat (25/8/2023), beberapa anggota tim melihat kemampuan untuk berbagi video dalam resolusi HD (1280x720) pada rilis stabil terbaru WhatsApp dengan nomor build v2.23.16.76.

Opsi berbagi video HD juga muncul di Galaxy S23 Ultra yang menjalankan WhatsApp beta build terbaru. Proses pengiriman video HD di WhatsApp sama seperti gambar beresolusi tinggi. Pilih video yang ingin Anda bagikan lalu ketuk tombol HD dari toolbar atas editor video.

Sebuah kotak dialog akan muncul menunjukkan perbedaan resolusi dan ukuran antara kualitas standar dan HD. Konfirmasikan pilihan Anda dengan mengetuk kualitas HD lalu ketuk tombol kirim.

Namun perlu diingat bahwa meskipun video itu dalam resolusi 8K, WhatsApp akan membagikannya dalam resolusi hingga 720p. Meskipun demikian, ini masih merupakan lompatan yang layak dari batas resolusi aplikasi 480p sebelumnya. Selain itu, Anda selalu dapat melewati batasan ini dengan mengirimkan video sebagai dokumen melalui WhatsApp.

Seperti halnya gambar, video HD akan memakan lebih banyak ruang, dan mengunggah atau mengunduhnya juga akan memakan waktu lebih lama, terutama jika koneksi Anda lambat. Semua video yang dikirim dalam resolusi 720p akan muncul dengan tag ‘HD’ di percakapan.

Jika Anda menggunakan WhatsApp untuk berbagi banyak media dengan teman dan keluarga, pertimbangkan untuk menggunakan opsi HD hanya saat berbagi beberapa foto dan video penting atau indah. Anda tidak ingin file media yang kurang penting memakan ruang penyimpanan ponsel mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement