Jumat 25 Aug 2023 15:46 WIB

Pertamina Menilai UMKM Perlu Terlibat dalam Transisi Energi di Indonesia

Indonesia memerlukan peran masyarakat dalam penyediaan bahan baku energi.

Red: Nora Azizah
Pertamina menilai pentingnya keterlibatan UMKM dalam transisi energi di Indonesia yang disampaikan langsung dalam presentasi di forum B20 Summit di New Delhi, India.
Foto: Dok. Pertamina
Pertamina menilai pentingnya keterlibatan UMKM dalam transisi energi di Indonesia yang disampaikan langsung dalam presentasi di forum B20 Summit di New Delhi, India.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Transisi energi di Indonesia harus melibatkan UMKM yang memiliki porsi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Untuk itu, perlu ada akses terhadap pendanaan dan teknologi agar UMKM dapat maksimal menjalankan perannya sebagai penyedia kebutuhan masyarakat dan lapangan pekerjaan agar masyarakat pedesaan bisa meningkatkan pendapatannya. 

Dalam presentasinya di forum BNEF, di New Delhi, Kamis (24/8/2023), Senior Vice President Research & Technology Innovation Pertamina Oki Muraza mengatakan, pentingnya keterlibatan UMKM dalam transisi energi di Indonesia karena kita memerlukan peran masyarakat dalam penyediaan bahan baku yang dibutuhkan untuk pengembangan energy low carbon. Dengan demikian, dalam proses itu ada Job Creation yang bisa dinikmati oleh masyarakat dan pada saat yang sama korporasi juga mendapatkan manfaat dari karbon kreditnya.

Baca Juga

“Tantangannya adalah akses terhadap kapital atau pendanaan dan akses terhadap teknologi kepada UMKM agar mereka dapat maksimal memainkan perannya dalam transisi energi dengan memberikan keuntungan kepada masyarakat dan korporasi,” kata Oki, melalui keterangan tertulis, Jumat (25/8/2023).

Karena itu, kata Oki, sebagai negara berkembang yang memiliki banyak sumber daya alam yang berlimpah di dalam negeri, Indonesia mendorong agar negara maju dapat memberikan arus pendanaan ke negara berkembang agar mereka bisa mengembangkan teknologi dan implementasinya dengan bantuan dari negara-negara maju yang memiliki dana.