Jumat 25 Aug 2023 23:01 WIB

Dua Petinju Indonesia Siap Pertahankan Gelar WBC Asian Boxing

Kedua petinju Indonesia akan bertarung di Bangkok, Thailand, Sabtu (26/8/2023).

Red: Endro Yuwanto
Olahraga tinju/ilustrasi. Petinju Indonesia, Jon Jon Jet dan Ilham Leoisa, siap mempertahankan gelar WBC Asian Boxing Council Continental yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand, Sabtu (26/8/2023).
Foto: Needpix
Olahraga tinju/ilustrasi. Petinju Indonesia, Jon Jon Jet dan Ilham Leoisa, siap mempertahankan gelar WBC Asian Boxing Council Continental yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand, Sabtu (26/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petinju Indonesia, Jon Jon Jet dan Ilham Leoisa, siap mempertahankan gelar WBC Asian Boxing Council Continental yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand, Sabtu (26/8/2023). Kedua petinju Indonesia tersebut dinyatakan layak bertanding setelah menjalani sesi timbang badan.

Jon akan mempertahankan gelar juara kelas bantam super versi WBC Asian Boxing Council Continental melawan Woraweth Nawanetiwong, sementara Ilham ditantang Chan Sala untuk mempertahankan sabuk juara kelas welter WBC Asian Boxing Council Continental.

Baca Juga

“Saya dalam kondisi yang fit sejak beberapa pekan terakhir. Berkat dukungan dari tim nutrisi olahraga, saya tidak perlu repot menurunkan berat badan di saat-saat terakhir. Woraweth punya rekor yang bagus, tapi Coach David juga sudah mempersiapkan strategi pertarungan. Saya akan menghadapi pertarungan ini sama seperti pertarungan lainnya dan akan mempertahankan gelar ini,” kata Jon usai sesi timbang badan.

Berbekal tiga kemenangan beruntun dalam pertarungan sebelumnya, Jon akan menghadapi Woraweth yang masih berusia 18 tahun.

Meski relatif muda, Woraweth dinilai cukup impresif dengan rekor tak terkalahkan dalam lima pertarungan. Dia merupakan keponakan Khaosai Galaxy, petinju yang pernah mengalahkan Ellyas Pical dalam perebutan sabuk juara kelas terbang super versi WBA di Jakarta pada 1987.

Petinju asal Kabupaten Malaka, NTT, ini merebut sabuk juara WBC Asian Boxing Council Continental setelah mengalahkan Wicha Phulaikhao pada Oktober 2022. Setelah itu, Jon menjalani pertarungan nongelar kontra Songchai Songklod pada Maret 2023.

Sementara itu, Ilham Leoisa merebut sabuk juara kelas welter versi WBC Asian Boxing Council Continental yang lowong dengan merobohkan Poramin Saengpak di World Siam Stadium, Bangkok, pada Oktober 2022. Gelar ini seperti memulihkan karier petinju kelahiran Muntok, Bangka, ini yang meredup akibat pandemi Covid-19.

Petinju asal Dirgantara Boxing Camp ini akan menghadapi Chan Sala yang memiliki rekor tujuh kali menang (3 KO) dan tiga kali kalah. Dengan peringkat yang lebih baik, Chan diyakini akan menjadi lawan tangguh bagi Ilham dalam pertarungan ini.

“Chan terlihat berbeda dari lawan yang saya hadapi dalam tiga pertarungan terakhir. Dia memiliki postur yang hampir sama dengan saya. Sebagai prajurit TNI AU, saya harus selalu siap menghadapi tantangan apa pun. Pelatih David dan Domi juga sudah menyiapkan strategi untuk saya. Kita lihat nanti di atas ring. Yang pasti, saya ingin mempertahankan gelar ini,” kata Ilham Leoisa.

Selain itu, satu petinju Indonesia lainnya, Emanuel Nahak akan bertarung dalam partai tambahan melawan Pakphum Tawinram di kelas bulu super. Pada partai tambahan lain, akan menampilkan satu partai tinju wanita antara petinju Australia Kate McLaren dan Anchalee Mankong dari Thailand di kelas welter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement