Sabtu 26 Aug 2023 15:25 WIB

Prank Sedekah Tukang Becak, Forum Zakat: Jahat dan tidak Berperikemanusiaan

FOZ menyerukan kepada bangsa ini untuk bersiaga menghadapi darurat moral.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Sedekah/Ilustrasi
Sedekah/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramai diberitakan ada tukang becak berusia 72 tahun menjadi korban prank di depan Puskesmas Gajahan, Kecamatan Serengan, Solo, Jawa Tengah pada Ahad (20/8/2023). Prank dilakukan laki-laki dan perempuan yang memberi amplop tebal berisi potongan koran menyerupai uang ke tukang becak.

Semula tukang becak mengira itu uang, ternyata hanya berisi potongan kertas koran. Menanggapi kejadian tersebut, Ketua Bidang Inovasi Forum Zakat (FOZ), Citra Widuri mengatakan, pelaku prank tersebut jahat dan tidak berperikemanusiaan.

Baca Juga

Menurut Citra, eksploitasi terhadap kemiskinan menjadi keniscayaan jika tidak ada upaya penguatan moral di sebuah bangsa. Indonesia ini darurat moral karena representasi negara cenderung membawa permasalahan ke ranah populis dan pro-kontra, bukan pada bagaimana sesuatu itu seharusnya ditangani.

"Sebagai amil zakat, kami tidak bisa bekerja demikian, hal-hal populis tidak boleh menjadi standar nilai bagi kebaikan dan kebenaran, perilaku stakeholders juga tidak bisa menjadi standar kepatutan atas eksekusi sebuah ketentuan. Misalnya standar penyaluran bantuan, rujukan tertingginya adalah Quran dan hadits, yang kemudian diturunkan menjadi SOP yang juga memperhatikan hukum positif di Indonesia," kata Citra kepada Republika, Sabtu (26/8/2023).

Citra mengatakan, tidak bisa menilai penyaluran itu sudah tepat hanya karena dilakukan oleh public figure atau diekspos besar-besaran oleh media massa. Penyaluran bantuan yang benar adalah memenuhi prinsip-prinsip syariah dan kepatutan, mulai dari jenis bantuan, asal muasal bantuan, jumlah bantuan, kelayakan penerima bantuan, bukti penyaluran dan adab penyerahan bantuan. Itu semua diawasi dan dievaluasi secara terus-menerus.

"Dimata kami kemiskinan bukanlah komoditas, juga bukan fenomena yang harus diberantas, tapi kemiskinan adalah fenomena yang harus dikelola agar pada kondisi paling parah sekalipun tidak ada hak-hak dasar hidup manusia yang diabaikan, pada posisi ini kita akan bicara ekosistem dan modal sosial," ujar Citra.

Citra mengatakan, maka jika ada yang menjadikan kemiskinan ini semata-mata konten dengan motivasi meraih popularitas atau gratifikasi lain. FOZ menyerukan kepada bangsa ini untuk bersiaga menghadapi darurat moral.

"Kita harus mengutuk perbuatan (prank terhadap tukang becak) tersebut dan mendorong pelakunya bertaubat serta tidak mengulanginya lagi, perbuatan menjadikan kemiskinan sebagai komoditas tersebut akan mengancam kekuatan modal sosial kita sebagai bangsa yang besar," ujar Citra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement