Ahad 27 Aug 2023 12:51 WIB

Festival Prawirotaman Yogyakarta Sambut Wisman Liburan Musim Panas

Gelaran festival ini menghadirkan berbagai macam potensi budaya setempat.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana kegiatan Festival Prawirotaman 2023 di Yogyakarta.
Foto: Dokumen
Suasana kegiatan Festival Prawirotaman 2023 di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Penutupan event Festival Prawirotaman 2023 berlangsung meriah. Diselenggarakan selama dua hari, yakni 25-26 Agustus 2023, kegiatan ini menjadi ajang menyambut wisatawan mancanegara pada puncak musim panas (summer) yang datang dan singgah di Prawirotaman.

Sebelumnya, di hari pertama pada 25 Agustus 2023, festival diisi dengan talkshow di Rooftop Pasar Prawirotaman. Selanjutnya pada  26 Agustus 2023, festival ini diadakan di Jalan Prawirotaman I dengan menghadirkan berbagai macam potensi budaya Kampung Prawirotaman.

Antara lain potensi Budaya Kampung Wisata Dewa Bronto, Greget Gegayuhan, flashmob, serta masyarakat diajak untuk menyaksikan fashion show on the street. Tak hanya itu, acara juga dimeriahkan dengan edukasi bagi wisman ataupun lokal mengenai kisah sejarah Prawirotaman dan puncak acara penampilan dari Tami Aulia dan band.

Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan, Festival Prawirotaman tahun ini mengambil tema Flower of the Universe. Tema ini diambil dari semangat yang ada pada Batik Sekar Jagad yang pernah menjadi motif batik andalan dari Prawirotaman.