Ahad 27 Aug 2023 16:40 WIB

Presiden PKS Serahkan Keputusan Cawapres ke Anies

Menurut Syaikhu, anggota koalisi sepakat cawapres sepenuhnya diputuskan oleh Anies.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu.
Foto: Dok Republika
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Rasyid Baswedan diketahui telah menemui Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Salim Segaf Aljufri. Pertemuan tersebut merupakan kunjungan lanjutan setelah dirinya bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Setelah pertemuan tersebut, Presiden PKS, Ahmad Syaikhu menyampaikan bahwa partainya menyerahkan keputusan soal calon wakil presiden (cawapres) kepada Anies. PKS patuh terhadap hasil kesepakatan dalam piagam deklarasi Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Baca Juga

"Semuanya (partai koalisi) kita sepakat, sebagaimana piagam koalisi bahwasanya kaitan dengan cawapres semua diserahkan ke capres," ujar Syaikhu lewat keterangan tertulisnya, Ahad (27/8/2023).

PKS hanya memberikan beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh bakal cawapres tersebut. Kriteria tersebut adalah nasionalis religius, dwitunggal kesepakatan dengan Anies, dan memiliki peluang menang yang besar.