Selasa 29 Aug 2023 11:10 WIB

Ramai Tantangan Debat, Anies Kuliah Kebangsaan di UI

Indonesia tak cuma memiliki peluang yang luar biasa, tapi tantangan yang luar biasa.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Bakal calon presiden (capres), Anies Rasyid Baswedan bersama Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Bakal calon presiden (capres), Anies Rasyid Baswedan bersama Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tantangan debat perguruan tinggi ramai bermunculan setelah MK izinkan kampanye di lembaga pendidikan. Capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, malah lebih dulu mengisi Kuliah Kebangsaan di Fisip UI.

Anies mengisi kuliah kebangsaan dengan tajuk 'Hendak Ke Mana Indonesia Kita: Gagasan Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan'. Anies sendiri membawakan materi kuliah dengan tajuk 'Lebih Maju, Lebih Adil'.

Dalam paparannya, ia mengatakan, tantangan yang dihadapi bangsa kita cukup besar. Sebab, Anies mengingatkan, Indonesia tidak cuma memiliki peluang yang luar biasa, tapi memiliki pula tantangan yang luar biasa.

"Tantangan pertama, mindset, mindset kita harus menempatkan Indonesia sebagai salah satu pemain global," kata Anies di Balai Serbaguna Purnomo Prawiro, Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Selasa (29/8).

Dia menekankan, pola pikir kita jangan sampai cuma sebagai warga Jakarta atau warga Indonesia, tapi warga dunia. Jadi, menempatkan Indonesia di sentral dan tempat strategis agar kita bisa mengambil peran luar biasa.

Anies berpendapat, Indonesia bukan sekadar bangsa yang lahir dari proses pencampuran, tapi lebih ke proses persenyawaan. Sebab, walau membentuk unsur baru, unsur-unsur yang pembentuk yang selama ini ada tidak hilang.

"Tapi, PR-PR dalam negeri harus diselesaikan, tidak mungkin kita memainkan peran di dunia internasional kalau PR dalam negeri tidak diselesaikan," ujar Anies.

Dekan Fisip UI, Prof Semiarto Aji Purwanto menyampaikan, acara ini memang rutin diselenggarakan Fisip UI. Tujuannya, membiasakan mahasiswa untuk bisa mengasah kepekaan kepada isu-isu sosbudpol dan kebangsaan.

Dia menekankan, isu-isu kebangsaan memang jadi perhatian UI sejak awal. Karenanya, Semiarto berharap, melalui kuliah kebangsaan dan topik yang diangkat secara khusus ini bisa menjawab masalah-masalah kebangsaan.

"Dan kita akan mengundang tokoh-tokoh nasional untuk memberikan inspirasi kepada mahasiswa," kata Semiarto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement