REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Belanja live streaming seperti melalui TikTok Shop, Tokopedia Live hingga Shopee Live, tampak sedang meningkat. Menurut Indah Tanip, Head of Research Populix, sebenarnya definisi dari belanja live streaming masih cukup simpang siur. “Sebab menggunakan platform media sosial tapi di sisi lain jadi social commerce,” kata Indah dalam pertemuan virtual, Selasa (29/8/2023).
Fenomena tersebut terlihat meningkat, kendati belum ada data yang pasti dari Populix. Tetapi, menurut Indah, apabila melihat informasi yang ada, antusiasme terhadap live streaming sedang tinggi-tingginya.
Banyak orang mulai mencoba belanja di live streaming, karena penasaran ingin mencobanya seperti apa. Ketika penjual menunjukan barang jualannya, di situlah ada antusiasme tersendiri.
“Tetapi sustainability-nya sampai kapan? Atau masyarakat cuma pengen tahu aja, ikut-ikutan, fear of missing out (fomo) apakah selanjutnya akan beralih, menambah sarana saja atau tetap setia dengan e-commerce, itu harus dilihat satu sampai dua tahun ke depan,” lanjut Indah.