Selasa 29 Aug 2023 17:39 WIB

Shin Panggil Pemain Terbaik demi Penuhi Target Juara Grup di Piala Asia U-23

Sebagai tuan rumah Grup K, Indonesia akan bersaing dengan Turkmenistan dan Taiwan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) memberikan pengarahan kepada para pesepak bola timnas Indonesia U-23 belum lama ini.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) memberikan pengarahan kepada para pesepak bola timnas Indonesia U-23 belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Shin Tae-yong memanggil 27 pemain terbaik untuk memperkuat timnas Indonesia U-23. Setelah berlaga dan menjadi runner-up Piala AFF U-23 2023 di Thailand, skuad Garuda Muda akan melanjutkan perjuangan dalam kualifikasi Piala Asia U-23 pada 6-12 September 2023 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah Grup K akan bersaing dengan Turkmenistan dan Taiwan. Status tuan rumah harus dimaksimalkan dengan target tertinggi, yakni keluar sebagai juara grup. Pasalnya, itu menjadi syarat yang harus dipenuhi untuk lolos ke Piala Asia U-23 yang akan berlangsung di Qatar pada 2024.

Baca Juga

"Secara teori peluang Indonesia untuk lolos ke Qatar sangat besar. Apalagi kita bermain di kandang sendiri. Mari kita bekerja keras untuk mewujudkan hal itu," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (29/8/2023).

Untuk lolos ke Piala Asia U-23, Indonesia wajib finis sebagai juara grup atau setidaknya merebut status empat runner-up terbaik. Tapi, selain lolos ke Qatar, Indonesia juga harus tampil gemilang jika ingin ambil bagian di Olimpiade Paris 2024. Pasalnya, tiga tim teratas di Piala Asia U-23 berhak lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Sebab itu, Shin memanggil semua pemain terbaik yang berlaga di kompetisi dalam negeri maupun luar negeri. Seperti Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Rafael William Struick (Ado Den Haag), Elkan William Tio Baggott (Ipswich Town), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), dan Ivar Jenner (FC Utrecht).

Demikian pula dengan pemain-pemain yang berlaga di Liga 1. Adapun Nuri Agus Wibowo (Bekasi FC) menjadi satu-satunya pemain Liga 2 yang dipanggil pelatih asal Korea Selatan itu. Pada kualifikasi nanti, Garuda Muda akan berhadapan dengan Taiwan pada 9 September, setelah itu melawan Turkmenistan pada 12 September 2023.

Daftar pemain yang dipanggil membela timnas Indonesia U-23:

1.  Rafael William Struick - Ado Den Haag

2.  Arkhan Fikri - Arema FC

3.  Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi - Barito Putera

4.  Nuri Agus Wibowo - Bekasi FC

5.  Titan Agung Bagus Fawwazi - Bhayangkara Presisi FC

6.  Komang Teguh Trisnanda - Borneo FC

7.  Muhammad Fajar Fathur Rachman - Borneo FC

8.  Daffa Fasya Sumawijaya - Borneo FC

9.  Muhammad Taufany Muslihuddin - Borneo FC

10. Ivar Jenner - FC Utrecht

11. Elkan William Tio Baggott - Ipswich Town

12. Marselino Ferdinan - K.M.Z.K Deinze

13. Ernando Ari Sutaryadi - Persebaya Surabaya

14. Beckham Putra Nugraha – Persib Bandung

15. Rizky Ridho Ramadhani – Persija Jakarta

16. Muhammad Ferarri – Persija Jakarta

17. Doni Tri Pamungkas – Persija Jakarta

18. Muhammad Rayhan Hannan – Persija Jakarta

19. Ilham Rio Fahmi – Persija Jakarta

20. Muhammad Akbar Arjunsyah – Persija Jakarta

21. Witan Sulaeman – Persija Jakarta

22. Jeam Kelly Sroyer – Persik Kediri

23. Muhammad Ramadhan Sananta – Persis Solo

24. Alfeandra Dewangga Santosa – PSIS Semarang

25. Victor Benjamin Dethan – PSM Makassar

26. Hokky Caraka Bintang Bryliant – PSS Sleman

27. Pratama Arhan Alif Rifai - Tokyo Verdy.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ جَعَلَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فِيْ قُلُوْبِهِمُ الْحَمِيَّةَ حَمِيَّةَ الْجَاهِلِيَّةِ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَعَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَاَلْزَمَهُمْ كَلِمَةَ التَّقْوٰى وَكَانُوْٓا اَحَقَّ بِهَا وَاَهْلَهَا ۗوَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا ࣖ
Ketika orang-orang yang kafir menanamkan kesombongan dalam hati mereka (yaitu) kesombongan jahiliah, lalu Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mukmin; dan (Allah) mewajibkan kepada mereka tetap taat menjalankan kalimat takwa dan mereka lebih berhak dengan itu dan patut memilikinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Fath ayat 26)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement